Setelah Facebook dan Twitter , Lalu Apa Lagi ?

Diposting pada

Social media seperti Facebook dan Twitter kini mulai memasuki masa-masa redup , angka pengguna aktif kedua social media tersebut menurun secara bertahap dalam beberapa tahun kebelakang .

Meskipun data statistik tidak menunjukan penurunan pengguna dalam kedua social media tersebut , namun kita sendiri bisa merasakan redupnya social media besar ini bukan ?

Tentu ada diantara kalian yang bertanya , kenapa facebook dan twitter sekarang sudah jarang digunakan ? ada beberapa faktor yang menyebabkan meredupnya aktifitas dari kedua social media besar ini , sebelum membahas inti dari artikel ini , ada baiknya jika NGELAG.com menjawab pertanyaan diatas terlebih dahulu .

Mengapa Facebook dan Twitter Sekarang Jadi Sepi ?

Saya sendiri menggunakan Facebook sejak duduk di bangku smp kelas 1 atau sekitar tahun 2006 sedangkan pada tahun 2009 saya mulai menggunakan twitter .

Saya juga bertanya , mengapa facebook dan twitter belakangan ini menjadi sepi ? akhirnya saya coba menjawab sendiri pertanyaan saya tadi , dan berikut beberapa alasan mengapa facebook dan twitter sepi :

1 . Aplikasi Chatting Mulai Menjamur

Aplikasi Chatting Menjadi Penyebab Mengapa Facebook dan Twitter Sekarang Jadi Sepi
Aplikasi Chatting Menjadi Penyebab Mengapa Facebook dan Twitter Sekarang Jadi Sepi

Cikal-bakal aplikasi chatting pada perangkat mobile mulai menjamur ketika Blackberry memperkenalkan BBM , walaupun sebelumnya sudah ada aplikasi chatting seperti mig33 . Aplikasi Chatting baru mulai dikenal oleh masyarakat ketika Android memasuki masa jayanya pada tahun 2010-2011 , aplikasi seperti LINE , Whatsapp , Kakaotalk ,BBM For Android sampai WeChat mulai disukai oleh masyarakat .

Pada saat itulah orang-orang mulai meninggalkan aktifitasnya di Facebook dan Twitter , Aplikasi Chatting dengan trobosan seperti Sticker dan Telepon Gratis dinilai lebih menarik dibanding Facebook dan Twitter . Fitur yang ada pada Facebook dan Twitter pun biasanya dimiliki oleh Aplikasi Chatting pada perangkat Mobile . Hal ini lah yang menjadi salah satu penyebab kenapa Facebook dan Twitter kini mulai meredup.

Simak Juga :  GoPro Rilis Aplikasi Edit Video Smartphone Gratis

2 . Facebook dan Twitter Membosankan

Facebook dan Twitter Mulai Membosankan Menjadi Penyebab Mengapa Facebook dan Twitter Sekarang Jadi Sepi
Sumber : Flicker

Meskipun Facebook menyediakan hiburan seperti Game browser base , namun sepertinya orang-orang khususnya anak muda masa kini menganggap Facebook adalah sesuatu yang sudah kadaluarsa , tidak berarti dan membosankan .

Begitu pula halnya dengan Twitter , fitur yang itu-itu saja membuat anak muda merasa bosan , dan mulai mengurangi keaktifannya di Twitter .

3 . Ada yang Lebih Keren dan Kekinian

Ada yang lebih keren dibanding FB dan Twitter Menjadi Penyebab Mengapa Facebook dan Twitter Sekarang Jadi Sepi
Sumber : Pixabay

Masyarakat khususnya kaula muda menganggap Facebook dan Twitter sudah bukan merupakan hal yang keren . Ada trend baru yang seolah-olah mewajibkan anak muda gaul harus memiliki Instagram , hal ini membuat masyarakat khususnya anak muda lebih mengutamakan keaktifannya pada social media Instagram .

Instagram biasanya dijadikan ajang pamer barang baru , menu makan siang hingga outfit of the day atau yang lebih dikenal dengan #OOTD .

Itulah tadi beberapa alasan mengapa facebook dan twitter mulai ditinggalkan oleh masyarakat.

Setelah Facebook dan Twitter , Lalu Hal Besar Apa Lagi ?

Masyarakat seperti yang sedang menantikan sesuatu hal besar dan booming baru untuk kembali muncul meniru kesuksesan Facebook dan Twitter pada masanya , pertanyaannya adalah hal besar dan booming apa lagi yang akan digemari oleh masyarakat setelah meredupnya Facebook dan Twitter ?

NGELAG.com sudah merangkum beberapa pendapat yang didapat dari berbagai sumber , berikut ini beberapa kemungkinan pengganti Facebook dan Twitter selanjutnya .

1 . Social Commerce

Social Commerce atau yang sering disebur sebagai S-Ecommerce adalah sebuah model bisnis online terbaru yang menggabungkan fungsi social media dan e-commerce dalam sebuah platform .

Contohnya Instagram dan Facebook , kita kerap melihat banyak orang yang berjualan segala jenis barang melalui Instagram dan Facebook , memanfaatkan hashtag dan komentar pada posting orang lain untuk mempromosikan barang dagangannya .

Simak Juga :  Google Pixel : Foto Dan Video Tanpa Batas

Ternyata kebiasaan pedagang yang berjualan di social media mendorong Instagram , Facebook dan para developer lainnya untuk mengembangkan sebuah platform Social Commerce untuk mengakomodir para penjual dan pembeli melalui nuansa social media namun dengan alur jual beli hingga promosi yang mirip dengan situs jual beli online pada umumnya .

2 . Youtube

Youtube adalah sebuah platform online video sharing yang didirikan pada tahun 2005 . Youtube terus berkembang dan berkembang hingga pada akhirnya , kini Youtube menjadi tempat baru yang sangat disukai oleh masyarakat banyak untuk menghabiskan waktu luangnya .

Baca Juga :  1001 Cara Menjadi Youtuber Terkenal dan Sukses

Popularitas Youtube mulai dirasakan dalam 3 tahun kebelakang , hal ini karena dalam beberapa tahun kebelakang pula , kualitas internet di dunia mengalami peningkatan seperti di indonesia yang mulai merasakan infrastruktur jaringan internet berbasis fiber optik .

Baca Juga : 5 Youtuber Game Paling Populer Di Indonesia

Dengan dukungan infrastruktur internet yang baik , masyarakat akhirnya lebih leluasa dalam melakukan streaming video di Youtube .

Trend Youtube tidak berhenti sampai disitu , di Indonesia masyarakat baru mengenal istilah Youtuber . Youtuber adalah mereka yang mengupload video kreatif pada channel youtube nya . Youtuber mulai menjamur di Indonesia karena selain masyarakat yang mulai hobby streaming video , ternyata menjadi Youtuber bisa dijadikan sebagai mata pencaharian yang menjanjikan .

Baca Juga : 13 Topik Channel Youtube Paling Digemari Masyarakat

3 . Virtual Reality

Virtual Reality adalah sebuah teknologi simulasi yang membuat pengguna atau user nya merasakan kejadian yang disimulasikan seperti nyata . Sedangkan simulasi adalah sebuah lingkungan buatan yang dikondisikan untuk menyerupai dengan keadaan sebenarnya .

Virtual Reality mulai dikenal melalui game yang seru , sebenarnya game bergenre simulasi sudah sejak lama dikenalkan , namun dengan Virtual Reality user diharapkan bisa mendapat pengalaman yang lebih nyata dibanding bermain game Simulasi konvensional .

Simak Juga :  9 Aplikasi Edit Video Vlog Yang Dipakai YouTuber

Virtual Reality tidak hanya digunakan untuk bermain game saja , NASA juga menggunakannya sebagai alat berlatih para astronaut sebelum berangkat ke lingkungan di ruang angkasa yang ekstrim .

Pada bidang kedokteran , VR juga digunakan untuk mensimulasikan suatu proses operasi yang digunakan oleh para dokter untuk berlatih sebelum melakukan operasi sungguhan .

Belakangan ini , Virtual Reality mulai dikenalkan kepada masyarakat luas oleh para pengembang dan produsen gadget kenamaan , contohnya Huawei yang mulai memproduksi kacamata VR dan GoPro yang Baru saja merilis platform sejenis Youtube namun khusus untuk streaming video VR 360 .

Itulah beberapa perkiraaan hal yang akan muncul atau menggantikan popularitas Facebook dan Twitter , lalu bagaimana dengan kalian ? Apa yang kalian harapkan atau perkirakan dimasa depan setelah Facebook dan Twitter ?