Apa Perbedaan Antara Drone Dan Quadcopter ?

Diposting pada

Pada artikel ini , ngelag.com akan mencoba menjelaskan perbedaan antara Quadcopter dengan Drone . Tapi sebelumnya , kalian bisa membaca artikel yang terkait dengan Drone dan Quadcopter :

GoPro Karma , Drone Pertama GoPro Akan Rilis 2016
Amazon Memperkenalkan Drone Pengantar Paket Terbarunya
Mulai Tahun 2017 Google Antar Paket Menggunakan Drone

[section label=”Apa Itu Quadcopter ?” anchor=”apa-itu-quadcopter”]

Apa itu Quadcopter ?

Apa Perbedaan Antara Drone Dan Quadcopter Apa Itu Quadcopter
Quadcopter | Sumber Foto

Quadcopter atau multirotor adalah semacam helikopter yang memiliki empat lengan dengan mesin dan baling-baling pada akhir masing-masing lengan. Sebuah quadcopter memiliki ciri khas pada rotor yang diposisikan dengan sangat presisi dimana sepasang rotor berputar searah jarum jam, dan sepasang rotor lainnya berputar berlawanan arah jarum jam.

Dengan konfigurasi sedemikian rupa membuat Quadcopter dapat bergerak dengan sangat stabil , inilah yang membuat perangkat yang dikendalikan dengan remote ini sering digunakan untuk merekam areal video dengan memasang sebuah action camera . Quadcopters pada dasarnya terdiri dari perangkat pengontrol penerbangan , casing, sebuah kontrol kecepatan elektronik, baling-baling dan bingkai pelindung.

Baca Juga : Daftar Komponen dan Cara Membuat Drone Untuk Pemula

Komponen yang mudah digunakan dan mudah ditemukan membuat Quadcopter sangat mudah juga untuk dirakit dan diperbaiki.

[section label=”Apa Itu Drone ?” anchor=”apa-itu-drone”]

Apa itu Drone ?

Apa Perbedaan Antara Drone Dan Quadcopter Apa Itu Drone
Drone | http://telegraph.co.uk

Drone secara resmi lebih dikenal sebagai kendaraan udara tidak berawak atau unmanned aerial vehicles (UAV). Pada dasarnya, drone adalah robot yang bisa terbang. Drone dapat dikendalikan dari jarak jauh atau bisa terbang sendiri cukup melalui rute penerbangan yang sudah diprogram sebelumnya sesuai dengan arahan GPS .

Drone lebih dikaitkan dengan kegiatan militer dan beberapa kegiatan rahasia penting lainnya, misalnya, melakukan operasi penyelamatan, untuk pengamatan dan penelitian, atau bahkan untuk menyampaikan hal-hal lain secara terus menerus.

Simak Juga :  Harga Kamera Yang Dipakai Youtuber Terkenal

Meskipun, banyak orang-orang yang bingung dalam membedakan antara Quadcopter dan Drone , namun hal yang penting ini sering diabaikan , perbedaan ini sangat penting sama pentingnya bagi peneliti mahluk hidup dalam membedakan Kodok dan Katak .

[section label=”Apa Perbedaanya ?” anchor=”apa-perbedaanya”]

Jadi Apa Perbedaan Antara Drone dengan Quadcopter ?

Perbedaan mendasar antara istilah “drone” dan “quadcopter” terdapat pada karakter. Drone adalah istilah umum yang digunakan untuk semua kendaraan udara tidak berawak, meskipun quadcopter juga bisa terbang tanpa awak dengan menggabungkan karakter drone didalamnya .

Intinya pesawat udara tidak berawak bisa dideskripsikan sebagai drone atau quadcopter (tergantung karakteristiknya), tapi pesawat tidak bisa digolongkan sebagai quadcopter melihat dari karakternya.

Perbedaan penting lain antara keduanya adalah drone biasanya memiliki sebuah pengaturan GPS untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain tanpa awak tidak seperti quadcopter pada umumnya yang dikendalikan melalui sebuah remote .

Sementara pesawat tidak berawak memiliki kemampuan untuk benar-benar terbang dengan sendirinya dengan bantuan GPS , tapi beberapa kelompok juga ada yang membuat Quadcopter dengan built-in GPS didalamnya untuk bisa terbang secara mandiri .

Intinya, Tidak ada salahnya mengatakan bahwa quadcopter adalah versi lebih kecil dari pesawat tidak berawak karena keduanya memang memiliki hampir semua fitur yang terkait dengan istilah “drone.”

Comments are closed.