Bocah 10 Tahun , Hack Instagram dapet Rp. 130 Juta dari Facebook

Diposting pada

Seorang Anak yang masih berusia 10 tahun belakangan ini diketahui telah berhasil melakukan hacking terhadap Instagram . Disaat usianya yang masih dibawah umur dan belum mencukupi usia minimal seseorang untuk mendaftar di facebook , ternyata Jani , sudah bisa mengganggu keamanan server Instagram .

Karena keberhasilannya menemukan celah pada sistem keamanan Instagram yang juga milik facebook inilah membuat dia mendapatkan hadiah uang tunai sebesar $ 10.000 atau sekitar 130 Juta dari Facebook .

Hadiah ini merupakan komitmen facebook dalam bug bounty program miliknya , program ini merupakan sebuah kompetisi mencari kelemahan dari produk Facebook yang bisa diikuti oleh semua orang , dan facebook akan memberikan hadiah bagi siapa saja yang berhasil menemukan bug tersebut .

Dilansir dari Iltalehti , Jani berhasil masuk kedalam server Instagram dan dari sana dia bisa menghapus tulisan dari postingan dan komentar orang lain di Instagram . Dia bahkan bisa menghapus komentar-komentar yang ada pada posting instagram milik Justin Bieber .

Ternyata , aksi Jani tidak dilakukannya sendirian melainkan bersama saudara kembarnya yang juga memiliki kemampuan untuk mencari celah keamanan yang lemah pada sebuah website .

Kompetisi seperti yang dilakukan Facebook bug bounty program ini banyak juga diadakan oleh perusahaan – perusahaan teknologi besar lainnya , contohnya Google yang Siapkan Hadiah $100,000 Untuk Hack Chromebook .

Facebook juga menuliskan pada press release resminya bahwa perusahaanya sudah menerima lebih dari 13 ribu laporan bug pada tahun 2015 , dan hanya 526 saja yang dikategorikan sebagai laporan yang valid dan berhak diberikan reward dari Facebook .

Pada tahun 2015 , facebook juga diketahui sudah mengeluarkan uang sebanyak $936,000 untuk dibayarkan pada 210 orang peneliti yang berhasil menemukan celah keamanan pada produk Facebook . Ini artinya setiap orang yang berhasil melakukan hack pada produk Facebook , jika di rata-rata mendapatkan $1,780 / laporan .

Simak Juga :  Cara Live Instagram Dengan Lancar

Sumber berita :

  • http://mashable.com/2016/05/03/facebook-instagram-hack/
  • http://www.iltalehti.fi/digi/2016050221506011_du.shtml