[Teruji] Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang di Android

Posted on

Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang di Android – Perkembangan teknologi pada smartphone android dari hari ke hari terus mengalami peningkatan. Salah satunya adalah pada peningkatan fitur penyimpanan. Saat ini android dengan kapasitas besar sudah mulai dijual murah.

Namun bila anda memiliki kapasitas penyimpanan yang besar ada kalanya anda mendapatkan peringatan tidak cukup ruang di perangkat. Kejadian ini bisa dialami disemua ponsel oppo, xiaomi, lenovo, acer, asus dan lain lain.

Keluar nya peringatan itu bisa diakibatkan oleh banyak faktor. Misalnya anda banyak menginstall aplikasi tanpa melihat sisa kapasitas penyimpanan. Dan yang kedua karena cache file menumpuk tidak dibersihkan. Anda juga harus rajin menghapus cache file yang tersimpan oleh aktivitas di ponsel.

Nah untuk mengatasinya kami telah menuliskan panduan lengkap dengan gambarnya sehingga anda akan lebih mudah mengikutinya. Simak berikut ini untuk lengkapnya:

Baca juga: [Teruji] 2 Cara Download Video Youtube Di Android Dengan Cepat dan Mudah

Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang di Android

Pindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal/MicroSD

Dengan memindahkan aplikasi ke memori Eksternal maka memori internal anda akan lebih lega dan peringatan tersebut tidak akan muncul kembali. Berikut ini caranya:

Pindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal/MicroSD

  • Pertama Buka Pengaturan > Penyimpanan > Cari menu penyimpanan.
  • Kemudian cari menu lanjutan > pilih Lokasi Pemasangan yang Disukai > pilih Kartu SD.
  • Selanjutnya pilih Pengaturan > Kelola Aplikasi.
  • Pilih aplikasi yang ingin dipindahkan > Pindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal.

Baca juga: [Works 100%] Cara Kompres Video Di Android Tanpa Mengurangi Kualitas

Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan / Digunakan

Tahukah anda bahwa aplikasi yang anda unduh akan memakan banyak resource (ruang) penyimpanan anda. Oleh karena itu anda perlu untuk menyisir aplikasi apa saja yang anda pasang namun tidak anda gunakan. Selain aplikasi, anda perlu juga untuk mengecek game yang terpasang. Berikut ini cara lengkapnya:

  • Buka Menu Pengaturan > Kelola Aplikasi > Pilih Game/Aplikasi yang akan di hapus > Terakhir Uninstall/Copot Pemasangan.

Bersihkan Cache / Data Aplikasi

Nah seperti diulas diawal tadi bahwa cache pada android juga bisa menumpuk dan memenuhi ruang penyimpanan anda. Oleh karena itu perlu anda hapus secara berkala. Banyak aplikasi yang memakan resource dari cache aktivitas aplikasi anda. Berikut ini caranya:

  • Pertama buka pengaturan > Kemudian Pilih Kelola Aplikasi.
  • Selanjutnya pilih tab Menu Downloaded > Pilih aplikasi yang sering anda gunakan > Kemudian Pilih Hapus Cache/Clear Cache.

Nah mudah mudahan dengan cara diatas bisa mengatasi masalah penyimpanan penuh di android anda. Semoga terbantu terima kasih.

Baca juga: [Teruji] 6 Emulator Android Terbaik Paling Ringan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *