DuoSkin , Tato Wearable Bisa Kontrol Smartphone

Diposting pada

MIT dan Microsoft kembangkan Tato temporer yang bisa berperan menjadi touchpad untuk kontrol smartphone secara wireless . Tidak hanya itu , tato yang bentuknya seperti alur pada papan pcb ini juga bisa menjadi media transfer file dengan memanfaatkan NFC .

Trobosan baru dalam dunia wearable device ini akan mulai dikenalkan secara resmi ke publik bulan depan . DuoSkin , begitu sebutan untuk tato yang bisa berkomunikasi dengan perangkat smartphone ini .

DuoSkin sendiri menggunakan material emas yang merupakan salah satu material dengan konduktivitas tinggi . Kedepannya , DuoSkin bisa terbuat dari material lain yang lebih murah dan kalian bisa mendesain alur tato sendiri sesuka hati .

Untuk lebih jelasnya berikut ini ada sebuah video dari The Verge :

MIT’s DuoSkin smart tattoosMIT has developed temporary tattoos that can control your devices.

Posted by The Verge on Friday, August 12, 2016

DuoSkin ini memiliki fungsi yang masih sangat luas , kita bisa membuat tato yang berubah warna sesuai dengan suhu tubuh kita bahkan menambahkan lampu LED agar tampilan tato canggih ini bisa menarik dalam kegelapan . Baca Juga : Trend Baru Biohacking : Tanam Lampu LED Dalam Kulit

DuoSkin Berbentuk Kalung Perhiasan Dilengkapi lampu led MIT Microsoft
DuoSkin Berbentuk Kalung Perhiasan Dilengkapi lampu led | MIT & Microsoft

Tato berbahan emas ini bisa digunakan sebagai kunci pembuka pintu dan juga sebagai trackpad seperti pada laptop pada umumnya .

Beberapa saat yang lalu , kita juga mendapatkan sebuah berita yang serupa yaitu SkinTrack  , Yang Merubah Kulit Manusia Menjadi Touchscreen . Namun SkinTrack tidak mengaplikasikan wearable device langsung pada kulit , melainkan melalui sebuah perangkat smartwatch .

Proses Pembuatan DuoSkin

Proses Pembuatan DuoSkin MIT Microsoft
Proses Pembuatan DuoSkin | MIT & Microsoft

Proses pembuatannya dibantu oleh sebuah software mirip dengan software untuk mesin cuting sticker . Lalu sebuah alat potong mulai menggoreskan pisau pemotong secara otomatis pada media khusus yang dibuat dari bahan emas .

Simak Juga :  Xiaomi Bunny Smartwatch Untuk Anak Cuma 600 Ribuan

Sesaat setelah tato selesai dipotong , maka kita bisa langsung mengaplikasikannya pada bagian tubuh kita seperti lengan contohnya . Tato berbahan emas ini hanya bersifat temporary atau bisa dihapus .

DuoSkin Capasitive Touch MIT Microsoft
Desain DuoSkin untuk Penggunaan sebagai Capasitive Touch | MIT & Microsoft
DuoSkin 2D trackpad visualization MIT Microsoft
DuoSkin 2D trackpad visualization | MIT Microsoft