Gerhana Matahari 9 Maret 2016 Hanya Terlihat Di Indonesia

Diposting pada

Gerhana Matahari merupakan momen langka yang sangat jarang untuk bisa dirasakan oleh masyarakat . Gerhana matahari merupakan suatu fenomena alam dimana kedudukan bumi bulan dan matahari sejajar pada garis yang sama .

Baca Juga : Perkiraan Cuaca Gerhana 9 maret 2016

Pada artikel kali ini NGELAG.com akan mencoba mengingatkan kalian untuk mencatat kapan terjadinya Gerhana Matahari di Indonesia tahun 2016 ini . Jangan sampai terlewat ya .

Diperkirakan Tanggal 9 Maret 2016 Indonesia Mengalami Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016
Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Gerhana manahari memang terjadi setiap tahunnya , namun hal yang istimewa pada tanggal 9 Maret 2016 adalah gerhana matahari ini merupakan gerhana matahari total atau seluruh bagian matahari akan terhalang oleh bulan , dan yang membuatnya lebih istimewa adalah , gerhana matahari total ini hanya bisa dirasakan oleh kita yang tinggal di wilayah Indonesia.

Berikut ini penuturan Thomas Djamaluddin, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) :

‘Indonesia akan menjadi satu-satunya daratan yang dilewati gerhana,”

Sebelumnya indonesia pernah mengalami hal serupa pada 1983 , pada saat itu gerhana terjadi pada tanggal 11 Juni , dan fenomena langka ini diperkirakan akan terjadi di Indonesia kembali setelah 33 tahun mendatang .

Wilayah Yang Terkena Dampak Gerhana 9 Maret 2016

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016
Peta Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Meskipun tidak diseluruh wilayah Indonesia bisa menyaksikan gerhana matahari secara maksimal , namun mereka yang berada di wilayah Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Maluku Utara patut berbangga karena dapat menyaksikan fenomena langka ini .

Simak Juga :  Gerhana Matahari Total 9 Maret Terlihat Di Jawa Barat

Tomas juga menuturkan bahwa nanti akan terasa seperti sore menjelang malam hari atau petang atau maghrib :

“Jadi, akan menyerupai saat senja,”

Meskipun totalitas gerhana dan durasi gerhana berbeda-beda disetiap titik yang sudah disebutkan , Thomas mengatakan bahwa gerhana akan semakin total atau gelap pada bagian indonesia timur karena mendekati garis pusat gerhana .

Durasi terlama gerhana matahari total nanti adalah 4 menit 9 detik , namun hal ini dapat dirasakan pada wilayah perairan yaitu di tengah samudera pasifik.

Seberapa Gelap kah Gerhana Matahari 9 Maret 2016 ?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya , nanti akan ada saat dimana siang hari terasa seperti senja . Lebih jelasnya , nanti Di Jakarta , diperkirakan matahari akan tertutup sebanyak 88 Persen , ini artinya cahaya matahari hanya akan memancar sebesar 12 persen saja , atau seperti bulan sabit.

Pada Pukul Berapa Gerhana Matahari Terjadi ?

Diperkirakan , totalitas gerhana matahari yang akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 nanti akan terjadi pada jam-jam berikut :

  • Indonesia Bagian Barat : pukul 07.20 WIB
  • Indonesia Bagian Timur : pukul 09.50 WIB
  • Indonesia Bagian Tengah : pukul 08.25 Wita

Bagaimana ? kalian sudah mencatatnya bukan ? jangan sampai melewatkan momen langka ini karena sangat jarang seseorang dapat merasakan fenomena gerhana matahari semasa hidupnya , dan fenomena ini akan terjadi lagi di indonesia setelah 33 tahun yang akan datang .