Grove Ecosystem – Menanam Sayuran Dalam Ruangan

Diposting pada

NGELAG.com – Menanam sayuran dalam ruangan mungkin terdengar aneh dan unik ditelinga kalian , bagaimana bisa tanaman sayuran berkembang biak dalam ruangan yang memiliki pencahayaan dan luas area terbatas ? Jika kalian pernah dengar istilah Indoor Planting , mungkin hal ini bukan hal baru lagi untuk kalian . Grove Ecosystem sebuah project crowdfunding yang menggalang dana dan masuk kedalam staff picks kickstarter berhasil memperkenalkan Indoor Planting ke level baru yang sangat menarik untuk kita pelajari lebih lanjut .



Apa itu Grove Ecosystem ?

Grove Ecosystem adalah sebuah sistem cerdas, yang memunkinkan kalian untuk menanam sayuran segar, enak, dan penuh nutrisi untuk setahun penuh .

Grove Ecosystem - Menanam Sayuran Dalam Ruangan 1
Grove Ecosystem

Disebut Ecosystem karena alat ini memungkinkan kalian untuk menanam tanaman dan mengembang biakan ikan dalam akuarium , inilah yang membuat alat seukuran lemari ini memiliki ekosistem tersendiri didalamnya , terjadi simbiosis mutualisme dimana ikan yang menghasilkan kotoran , akan diserap oleh tanaman yang akan menghasilkan oksigen bagi para ikan didalam akuarium .

Dengan bantuan aplikasi pada smartphone , Grove OS , kalian akan diberi kemudahan dalam mengontrol Grove Ecosystem , melakukan perintah automasi pada ekosistem tersebut dan membaca tips & trik yang akan sangat membantu kalian dalam menanam dan mendapatkan hasil sayuran terbaik dirumah.

Cara Kerja Grove Ecosystem

Untuk membangun ekosistem pertama kalian , caranya cukup simple , jika kalian membeli alat ini kalian juga akan mendapatkan banyak perlengkapan pendukung lain seperti tap water conditioner, water test kit, cycling kickstarter, bacterial starter, bibit sayuran, ikan, dan pakan ikan . Ikan tidak akan dikirim secara langsung , tapi melalui prosedur khusus .

Simak Juga :  Apa Itu Virus Ransomware WannaCry ?
Grove Ecosystem - Menanam Sayuran Dalam Ruangan 2
Grove Ecosystem

Kalian perlu menginstal aplikasi bawaan pada smartphone kalian , lalu kalian akan mendapatkan langkah-langkah untuk mulai membangun Grove Ecosystem mulai dari menanam bibit , menaruh ikan pada akuarium sampai cara memanen sayuran pun akan disediakan pada aplikasi bernama Grove OS . Grove OS juga akan secara otomatis mengukur kesehatan dalam ekosistem buatan kalian untuk membantu kalian memonitor keberhasilan ekosistem kalian .

Jenis Tanaman Pada Grove Ecosystem

Grove Ecosystem - Menanam Sayuran Dalam Ruangan 3
Grove Ecosystem

Selain jenis sayuran yang terdaftar diatas , kalian juga bisa menanam sayuran lain dengan catatan sayuran yang tidak tumbuh terlalu besar , misalnya jika kalian ingin menanam tomat , disarankan menggunakan jenis tomat cherry atau tomat yang ukuran buahnya tidak terlalu besar.

Sistem Pemupukan Otomatis

Grove Ecosystem - Menanam Sayuran Dalam Ruangan 4
Grove Ecosystem

Itulah yang disebut ekosistem , kelangsungan hidup tumbuhan dan ikan akan secara otomatis berjalan , Ikan memproses makanan dan akan menghasilkan kotoran yang mengandung ammonia , microba bermanfaat dalam ammonia dikonversi menjadi nitrates melalui organic plant fertilizer , begitu seterusnya dan tanaman dengan nutrients akan mengasilkan air jernih untuk ikan . 

Terhubung ke Smartphone .

Grove Ecosystem - Menanam Sayuran Dalam Ruangan 5
Grove Ecosystem

Groove Ecosystem membuat lingkungan hidup yang ideal untuk ikan dan tanaman kalian secara otomatis dengan melakukan pengontrolan cahaya , kipas penyuplai udara , pompa air yang bekerja berdasarkan kelembapan , suhu air dan ketinggian air . Semua instrumen tadi nantinya akan membantu kalian untuk mengetahui kesehatan tanaman & ikan , selain mendidik kalian untuk lebih memahami kehidupan tanaman dan ikan , kalian juga akan tahu masalah yang terdapat ekosistem buatan kalian secara langsung melalui smartphone .

Jika kalian tertarik untuk mengetahui project ini lebih jauh , silahkan lihat pada video dibawah ini atau berkunjung ke halaman kickstarter nya langsung .