Kenapa Samsung Galaxy Note 7 Meledak ?

Diposting pada

Kenapa Samsung Galaxy Note 7 Meledak ? Tentu pertanyaan tersebut menjadi sebuah misteri yang selama ini belum bisa dijawab , bahkan oleh Samsung sendiri .

Sekilas mengenai Samsung Galaxy Note 7 ini , smartphone ini berukuran 5.7 Inch , dirilis pada 19 Agustus 2016 dan terpaksa harus discontinue atau berhenti diproduksi dan didistribusikan sejak tanggal 11 Oktober 2016 kemarin . Samsung mengatakan bahwa mereka mengutamakan keselamatan konsumen sehingga keputusan ini sudah final .

Setidaknya ada lebih dari 1 Juta unit Samsung Galaxy Note 7 yang sudah dijual dan 2.5 Juta lainnya sudah diproduksi namun belum sempat terjual . Karena banyak kasus Samsung Galaxy Note 7 Meledak , maka Samsung sebisa mungkin menarik kembali semua unit Galaxy Note 7 yang sudah terjual .

Kenapa Samsung Galaxy Note 7 Meledak Ini Penyebabnya
Samsung Galaxy Note 7 Meledak

Dalam upayanya dalam menarik kembali produk Galaxy Note 7 , samsung juga menghimbau agar semua pengguna harap mematikan Galaxy Note 7 miliknya dan berhenti menggunakannya . Samsung juga menawarkan refund atau pengembalian dana secara penuh atau penggantian dengan produk Samsung lainnya , bagi mereka yang sudah terlanjur membeli Samsung Galaxy Note 7.

Bersamaan dengan proses refund dan penggantian , Samsung sempat mengganti Samsung Galaxy Note 7 milik masyarakat dengan Galaxy Note 7 “Save Version” , namun ternyata kasus serupa tetap berulang . Hingga akhirnya Galaxy Note 7 sepenuhnya dihentikan dan dinyatakan berbahaya untuk digunakan .

Ada Berapa Banyak Samsung Galaxy Note 7 Yang Meledak / Bermasalah?

Berikut ini sebuah video yang memperlihatkan Samsung Galaxy Note 7 Telah meledak atau terbakar :

Video diatas diunggah oleh Ariel Gonzalez , beliau mengatakan bahwa Samsung Galaxy Note 7 miliknya meledak begitu saja sesaat setelah di charge.

Menurut Samsung , setidaknya ada 35 laporan terkait masalah yang menunjukan gejala-gejala serupa dengan kasus terbakarnya Galaxy Note 7 yang dialami Ariel Gonzalez pada akhir bulan Agustus .

Simak Juga :  Desainer HTC Vive Kini Bekerja Dengan Google Daydream

Sedangkan menurut sumber lain , di Amerika Serikat sendiri sudah ada 100 laporan kasus serupa .

Kenapa Samsung Galaxy Note 7 Meledak ?

Kenapa Samsung Galaxy Note 7 Meledak Ini Penyebabnya
Samsung Galaxy Note 7

Menurut Samsung Galaxy Note 7 Meledak disebabkan karena kesalahan pada baterai yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya . Berikut ini beberapa analisa penyebab dari terbakarnya atau meledaknya Samsung Galaxy Note 7 .

Samsung membenarkan bahwa kasus ini disebabkan oleh masalah pada baterai , namun kerusakan akan terjadi hanya 0.1% dari semua unit Samsung Galaxy Note 7 Yang diproduksi .

Baterai Buatan Korea Yang Bermasalah

Samsung memproduksi baterai untuk smartphone Galaxy Note 7 di China dan Korea , dan semua kasus terbakar atau meledaknya Galaxy Note 7 yang selama ini terjadi hanya dialami pada unit yang menggunakan baterai buatan Korea saja .

Kejadian Samsung Galaxy Note 7 Meledak atau terbakar ini terjadi ketika pengguna hendak melakukan pengisian daya pada baterai Buatan Korea tersebut .

Entah kesalahan prosedur apa yang terjadi pada pabrik Baterai di Korea hingga menyebabkan kerusakan seperti ini .

Kerusakan Pada Separator Elektroda Didalam Baterai

Baterai lithium yang umum digunakan pada Smartphone, memiliki dua elektroda dengan sisi yang berlawanan dan ion lithium bergerak dari satu elektroda ke yang lain saat pengisian. Kedua elektroda tidak boleh menyentuh satu sama lain dan untuk mencegah hal ini terjadi pembuat baterai selalu menyisipkan pemisah di antara kedua elektroda tersebut .

Dalam kasus Galaxy Note 7, kesalahan produksi terletak pada pemisah elektroda didalam baterai , sehingga kedua elektroda didalam baterai saling bersentuhan dan memercikan api .

Processor Terlalu Panas

Samsung Galaxy Note 7 ini menggunakan processor Exynos , processor tersebut terkenal panas , Processor Exynos juga digunakan pada sebagian unit Galaxy S7 , sehingga beberapa orang mengeluh bahwa Samsung Galaxy S7 Cepat panas .

Simak Juga :  Galaxy S7 vs iPhone 6s Mana Yang Lebih Tangguh ?

Processor Exynos yang Overheating inilah disebut-sebut sebagai penyebab Samsung Galaxy Note 7 Terbakar , hal ini memang sedikit masuk akal karena seperti yang dituliskan diatas , Samsung pernah mengganti Galaxy Note S7 yang bermasalah dengan Galaxy Note S7 yang menggunakan baterai baru , namun masalah ini terus terjadi .

Didalam Baterai terdapat cell / sel , setiap cell pada baterai akan mengalami peningkatan suhu dan membutuhkan waktu hingga suhu kembali normal, namun karena panas yang konsisten dari Processor Exynos , cell pada baterai Samsung Galaxy Note 7 justru semakin panas dan mencapai suhu dimana cell baterai mulai terbakar dan merembet ke cell baterai lainnya .

Baterai Tidak Mendukung Fast Charging

Fitur Fast Charging Samsung Galaxy Note 7
Fitur Fast Charging Samsung Galaxy Note 7

Samsung Galaxy Note 7 hadir dengan teknologi fast charging . Fitur Fast Charging ini pada beberapa kasus memang menyebabkan suhu baterai meningkat , baterai yang akan digunakan pada smartphone berteknologi Fast Charging harus memiliki sistem pendinginan yang baik .

Diperkirakan Baterai Samsung Galaxy Note 7 ini memiliki desain atau arsitektur yang kurang baik sehingga tidak maksimal dalam membuang panas , akhirnya baterai overheat dan memperbesar kemungkinan baterai akan terbakar .

Itulah beberapa penyebab yang membuat Samsung Galaxy Note 7 Meledak / Terbakar , mungkin kalian bingung dalam membayangkannya , namun berikut ini ada sebuah video yang menjelaskan proses terbakarnya baterai Samsung Galaxy Note 7 :

Mingkin memang sudah takdir yang mengharuskan semua ini terjadi . Samsung yang awalnya ingin Galaxy Note 7 menjadi smartphone andalan seperti produk-produk sebelumnya , kini harus puas memasarkan Samsung Galaxy Note 7 hanya 53 hari saja dan harus menarik kembali semua smartphone tersebut .

Samsung Galaxy Note 7
Samsung Galaxy Note 7
Samsung Galaxy Note 7
Samsung Galaxy Note 7