Pemadam Kebakaran Ini Berhasil Mendapat Transplantasi Wajah

Diposting pada

Patrick Hardison , seorang pemadam kebakaran yang ikut menjadi korban kebakaran pada tahun 2001 ketika ia sedang bertugas memadamkan kebakaran di sebuah rumah didaerah Senatobia, Mississippi .

Beliau terjebak didalam rumah dan dalam sekejap masker yang menutupi wajahnya mulai meleleh , dan ketika petugas pemadam kebakaran lainnya mengeluarkan Hardison dari rumah yang terbakar , ternyata wajahnya sudah terbakar .

Selama dua bulan setelah kejadian , dia dirawat di rumah sakit , dan dalam 10 tahun terakhir dia telah menjalani lebih dari 70 Operasi , namun dokter tetap kesulitan untuk merekonstruksi kelopak mata , telinga dan bagian lainnya karena luka bakar yang teramat parah .

Transplantasi Wajah Yang Berhasil Untuk Pertama Kalinya Di Dunia

 

Pemadam Kebakaran Ini Berhasil Mendapat Transplantasi Wajah 1 Ngelag.com
Patrick Hardison sebelum musibah menimpanya | NYU Langone

Pada tahun 2012 , kegalauan Patrick Hardison sedikit terobati setelah bertemu Dr. Eduardo Rodriguez yang merupakan dokter operasi plastik dari New York University Langone Medical Center.

Dr. Eduardo Rodriguez juga mengatakan pada saat jumpa pers bahwa :
“Dibalik kesakitannya , dia mencoba untuk bangkit dan berusaha menjadi manusia yang produktif dan berguna bagi lingkungannya juga untuk menjadi seorang ayah yang baik untuk keluarganya”

Inilah yang menjadi alasan Dr. Eduardo Rodriguez untuk melakukan transplantasi wajah secara penuh untuk mengembalikan Hardison ke kehidupan normalnya .

Prosedurnya akan sangat beresiko karena sistem imun tubuh manusia sangat mungkin untuk menolak transplantasi kulit dari kulit orang lain , sistem imun akan mengenali kulit tersebut sebagai benda asing dan akan menolaknya . Kemungkinan untuk berhasilnya adalah 50:50 menurut Dr . Rodriguez.

Sama halnya dengan mencari donor Jantung , untuk menemukan pendonor yang tepat sangatlah sulit , karena ada beberapa ketentuan yang harus sesuai antara pendonor dan Hardison antara lain : mereka harus memiliki ukuran wajah yang sama , golongan darah yang sama dan tinggi dan berat badan yang mirip .

Simak Juga :  Ilmuan Temukan Bakteri Pengurai Sampah Plastik

Mendapat Donor Wajah Dari Pembalap BMX

Bulan July Lalu , Seorang pembalap sepeda BMX mengalami kecelakaan parah ,  David Rodebaugh terlempar dari sepedahnya dan pada tanggal 12 Agustus lalu , dokter mengatakan bahwa dirinya mengalami kerusakan otak parah dan bisa digunakan sebagai penolong untuk Hardison.

Pemadam Kebakaran Ini Berhasil Mendapat Transplantasi Wajah 2 Ngelag.com
David Rodebaugh Pendonor Wajah | LiveOnNY

Pada tanggal 14 Agustus , akhirnya operasi transplantasi wajah pun dilakukan di NYU Langone dan kemarin pada hari Sabtu 14 November , mereka mengumumkan kepada pers bahwa operasi transplantasi wajah telah berhasil .

Operasi tersebut memakan waktu 26 Jam dan melibatkan lebih dari 100 Orang , prosesnya mengharuskan mereka membagi 2 team , team yang pertama melepas kulit wajah David Rodebaugh mulai dari kening , kelopak mata , telinga , pembuluh darah dan kulitnya sampai ke leher sedangkan team yang kedua melakukan hal serupa pada wajah Patrick Hardison .

Operasi tersebut mengharuskan mereka memutus seluruh jaringan pembuluh darah dari kulit wajah David dan menyambungkannya kembali ke wajah Patrick.

Pemadam Kebakaran Ini Berhasil Mendapat Transplantasi Wajah 3 Ngelag.com
Sebelum dan Sesudah Patrick Mendapatkan Wajah Barunya | LiveOnNY

Sudah 93 hari sejak Patrick mendapatkan wajah baru dan tidak menunjukan tanda-tanda penolakan dari sistem imun tubuhnya . Kekhawatiran dan kegalauan dirinya telah hilang dan kini dia boleh meninggalkan rumah sakit untuk menjalani hidup bersama keluarganya .

Pemadam Kebakaran Ini Berhasil Mendapat Transplantasi Wajah 4 Ngelag.com
Patrick Hardison bersama keluarganya | LiveOnNY

Biaya Transplantasi Wajah

Menurut Dr . Rodriguez , biaya keseluruhan operasi transplantasi wajah Patrick berkisar diantara $850,000 sampai dengan $1.000.000 (sekitar Rp . 13.738.000.000) termasuk biaya rawat inap , pengobatan dan operasinya itu sendiri . Dilansir melalui ABC News bahwa NYU Langone menanggung semua biaya operasi Patrick.

Animasi Transplantasi Wajah

Kalian juga bisa melihat animasi dibawah ini untuk mengetahui prosedur transplantasi wajah :

via GIPHY