Penguat Sinyal WiFi , Ini Cara Membuatnya

3
15410

Penguat Sinyal WiFi sangat dibutuhkan oleh kalian yang ingin memperkuat sinyal WiFi dengan mudah , ternyata untuk memiliki sebuah alat Penguat Sinyal Wireless tidak selamanya harus membeli , namun kita bisa membuatnya dengan bahan-bahan yang mudah kita temukan bahkan tanpa mengeluarkan biaya sekalipun.

Pada artikel tutorial kali ini , NGELAG.com akan menghadirkan beberapa cara membuat penguat sinyal wifi sendiri dirumah , kurang lebih akan ada 3 pilihan atau jenis antena booster wifi yang bisa kalian buat .

Meskipun cara ini tidak semaksimal dengan membeli penguat sinyal wifi , namun tidak ada salahnya untuk mencoba untuk membuatnya .

Baca Juga :

Cara Mengganti Password WiFi Indihome Dan Modem Lain
15 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Pada Android dan Laptop
WiFi Tidak Berbahaya Seperti Yang Dibayangkan

3 Cara Membuat Penguat Sinyal WiFi Sendiri Dirumah

1 . Memodifikasi Antena Wifi Bawaan Modem

Penguat Sinyal Wifi 1Pada metode ini , pada dasarnya kita merubah antena wifi bawaan modem menjadi sebuah antena wifi range extender .

Bahan dan Alat Yang Diperlukan :

  • Cutter
  • Solder
  • Kawat Tembaga
  • Sekrup
  • Sedotan
  • Penggaris

Langkah Pengerjaan :

Untuk tutorial cara membuat penguat sinyal wifi yang satu ini , NGELAG.com sudah pernah membuatnya pada artikel sebelumnya , jadi silahkan kunjungi artikel : Memperkuat Sinyal WiFi Dengan Memodifikasi Antena Modem karena pada artikel tersebut juga terdapat sebuah Video Tutorialnya agar lebih mudah mengerjakannya .

Hasil Akhir :

Penguat Sinyal Wifi 1 Hasil Akhir Antena Wireless ModifikasiKlik gambar diatas untuk memperbesar , gambar diambil dari sini .

2 . Membuat Antena Penguat Sinyal WiFi Dari Botol Minuman Bekas

Penguat Sinyal Wifi 2

Bahan dan Alat Yang Diperlukan :

  • Cutter atau Gunting
  • Spidol atau Marker
  • Botol Plastik Bekas Minuman
  • Aluminium Foil
  • Lem

Langkah Pengerjaan :

  • Siapkan sebuah botol yang sudah kering dan bersih ,

    Penguat Sinyal Wifi 2 Siapkan Botol
    Siapkan Botol
  • Lepaskan stiker atau label pada botol bekas minuman , lalu buat sebuah garis panduan untuk memotong

    Penguat Sinyal Wifi 2 Berikan Garis Agar Mudah Dipotong
    Berikan Garis Agar Mudah Dipotong
  • Pastikan bentuk botol menjadi seperti gambar dibawah ini :

    Penguat Sinyal Wifi 2 Botol Setelah Dipotong
    Botol Setelah Dipotong
  • Buatlah sebuah lubang yang tidak terlalu besar pada tutup botol , nantinya antena wireless akan masuk kedalam lubang ini .

    Penguat Sinyal Wifi 2 Buat Lubang Kecil Pada Tutup Botol
    Buat Lubang Kecil Pada Tutup Botol
  • Botol yang sudah dipotong tadi , lalu ditutup Aluminium foil pada bagian dalamnya , seperti gambar berikut ini:
    Penguat Sinyal Wifi 2
    Hasil Akhir

     

Cara ini dinilai efektif memperkuat sinyal WiFi hingga 30% , dengan tambahan botol dan aluminium yang menyerupai parabola ini , sinyal wireless akan menyebar lebih jauh dibanding antena bawaan modem tanpa tambahan alat ini .

3 . WiFi Booster Dari Kaleng Soda Bekas

Cara ke 3 ini adalah yang paling simpel , karena kalian hanya membutuhkan 2 buah kaleng soda bekas dan sebuah gunting untuk memotong kaleng bekas dan merubahnya menjadi sebuah alat Penguat Sinyal WiFi .

Penguat Sinyal WiFi 3

Langkah Pengerjaan :

  • Siapkan kaleng bekas minuman bersoda dengan mencabut tuas pembukanya terlebih dahulu , seperti gambar berikut ini :

    Penguat Sinyal WiFi 3 Cabut Tuas Pembuka
    Cabut Tuas Pembuka
  • Potong kaleng dengan menggunakan gunting atau cutter hingga menghasilkan bentuk seperti gambar dibawah ini :

    Penguat Sinyal WiFi 3 Potong Hingga Membentuk Seperti Ini
    Potong Hingga Membentuk Seperti Ini
  • WiFi Range Extender dari kaleng bekas sudah siap ditancapkan pada antena wireless modem kalian dirumah .

Jika kalian lebih suka melihat tutorial dalam bentuk video , maka silahkan ikuti langkah pembuatan alat Penguat Sinyal WiFi dari kaleng minuman bersoda dibawah ini :

Beer Can WiFi Booster!

Bagaimana ? cukup mudah bukan ? Keberhasilan Penguat Sinyal WiFi diatas ditentukan juga oleh kondisi hardware baik perangkat penerima (smartphone atau laptop) bahkan pada modem internet sekalipun .

Selain 3 cara diatas , NGELAG.com juga punya sedikit tips agar modem WiFI dirumah kalian mampu memancarkan sinyal WiFi lebih maksimal , berikut diantaranya :

  1. Tempatkan Modem WiFi pada area tanpa halangan dalam rumah (Jangan menaruhnya dipojok ruangan , lebih baik menaruhnya ditengah ruang keluarga yang biasanya memiliki area yang cukup luas tanpa banyak terhalang oleh tembok dan benda lainnya)
  2. Jangan Menaruh Modem WiFi dilantai (Tempatkan pada sebuah meja , menaruh modem WiFi dilantai tidak direkomendasikan karena sinyal WiFi menyebar kesegala arah termasuk kebawah)
  3. Jauhkan Dari Perangkat Elektronik Lain (Televisi , Microwave dan beberapa alat elektronik rumah tangga lainnya memancarkan gelombang elektromagnetik yang jika berdekatan dengan modem WiFi maka akan mengganggu sinyal WiFi kalian)
  4. Arahkan Antena WiFi Ke Arah Berbeda (Biasanya modem WiFi memiliki dua buah antena , buatlah kedua antena tersebut menunjuk ke arah yang berbeda misalnya antena 1 mengarah ke atas dan antena 2 mengarah kesamping , hal ini mencegah noise yang dihasilkan dari dua buah antena yang saling berdekatan)
  5. Ukur Kekuatan Sinyal WiFi (banyak aplikasi pengukur kekuatan sinyal WiFi yang bisa kalian gunakan secara gratis , aplikasi ini bisa membantu kalian dalam menentukan spot terbaik untuk berinternetan menggunakan WiFi dalam rumah)

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here