Robot Kecil Berbobot 100 Gram Mampu Menderek Mobil

Diposting pada

Bagaimana caranya membuat robot kecil dengan bobot hanya 100 Gram namun bisa menarik sebuah mobil yang memiliki berat ribuan kali bobot robot tersebut  ? Peneliti dari Standford university ternyata berhasil membuat robot yang mampu menarik beban dengan bobot yang ribuan kali lipat bobot robot tersebut .

Layaknya sekelompok semut yang bergotong royong menarik bangkai serangga yang memiliki ukuran sangat besar , sebuah video menunjukan sejumlah robot yang jika ditotalkan bobotnya hanya seberat 100 gram namun mampu menderek sebuah mobil Chevrolet dengan bobot seberat 1700 kilogram .

Robot Kecil Berbobot 100 Gram Mampu Menderek Mobil
bdmlstanford/Youtube

Singkatnya , para peneliti membuat sebuah robot yang memiliki zat pelekat seperti yang ditemukan pada kaki cicak dan tokek . Perekat ini yang membuat robot dapat menarik beban dengan perbandingan bobot 2.000 kali lebih berat dari bobot robot itu sendiri .

Pada video dibawah ini , akan ditunjukan kemampuan dari robot ini hingga video yang memperlihatkan sekelompok robot menarik mobil yang sangat besar . Peneliti sebelumnya menemukan bahwa jika robot-robot ciptaannya diprogram untuk bergerak dengan sangat lambat , maka lebih besar lagi bobot yang dapat ditarik .

Hingga akhirnya mereka mencoba menarik sebuah mobil dengan beberapa robot dengan bobot keseluruhannya hanya mencapai 100 Gram dan sudah diprogram untuk bergerak sangat lambat dan menyatukan kekuatan masing-masing robot pada waktu yang bersamaan , hasilnya mobil pun bergerak maju meskipun sangat lambat .

Simak Juga :  Parah Samsung Galaxy S7 Direndam Nitrogen

Comments are closed.