Sekarang Tulang Manusia Bisa Diprint

Diposting pada

Kemampuan 3D Printer sudah mengalami banyak perkembangan , Inovasi – inovasi terus bermunculan seiring 3D Printer semakin populer dikalangan masyarakat . Dalam dunia medis ternyata 3D Printer kini digunakan untuk mencetak bagian tubuh manusia terutama tulang .

Pada artikel kali ini , NGELAG.com akan memperlihatkan sebuah video yang menunjukan sebauh 3D Printer yang dapat mencetak tulang manusia untuk mengganti tulang pada pasien yang kecelakaan atau mengalami kerusakan tulang karena osteoporosis .

Ilmuan menamakan alat ini sebagai 3D Bioprinter . Selain tulang , alat print ini bisa mencetak organ tubuh manusia lainnya seperti : Cartilage dan Otot manusia.

Printable human bones

Alat ini memakan waktu selama 10 Tahun dalam pengembangannya , penelitian dilakukan di Wake Forest Institute dan dikenal sebagai sebuah “regenerative medicine”  , dan sekarang printer ini disebut sebagai trobosan terbaik dalam dunia medis .

Percobaan dilakukan dengan mengimplant organ buatan hasil print seperti tulang telinga dan otot pada tubuh tikus percobaan . Hasilnya sangat mengejutkan , setelah 2 bulan terimplant dalam tubuh tikus percobaan , tulang telinga bisa mempertahankan bentuk dan otot buatannya pun mampu berkembang dengan aliran darah dari tubuh tikus tersebut .

Proses pembuatan organ dengan 3D Printer ini , sangat rumit . Namun untuk lebih singkatnya , pertama-tama dokter melakukan MRI Scan pada tubuh pasien untuk mengetahui bentuk asli organ tubuh yang dimiliki pasien , setelah struktur didapat , barulah 3D Printer ini melakukan pencetakan organ buatan dengan struktur yang sama persis dengan hasil yang didapat dari MRI Scan .