Pilih Action Camera Seperti GoPro atau DSLR ?

Diposting pada

Mending beli Action Camera seperti GoPro , Xiaomi Yi dan sebagainya atau beli DSLR ? mungkin itu pertanyaan yang muncul ketika kalian hendak membeli sebuah kamera untuk merekam video .

Banyak juga orang yang bingung dalam memilih kamera antara Action Camera atau DSLR setelah membaca artikel Kamera Untuk Vlog , untuk merekam video yang akan diupload ke Youtube , kita memang dituntut untuk selalu mengupload video yang memiliki resolusi tinggi .

Untuk membantu kalian dalam memilih kamera yang tepat dan menjawab pertanyaan yang selama ini membuat beberapa orang merasa bingung dalam menentukan pilihan antara Action Camera Seperti GoPro atau DSLR ? Maka artikel kali ini akan membahas semua yang perlu kalian ketahui mulai dari kelebihan action camera , kekurangan action camera , kelebihan DSLR dan kekurangan DSLR .

Action Camera VS DSLR

Action Camera

Kelebihan dan Kekurangan Action Camera
Kelebihan dan Kekurangan Action Camera

Kelebihan Action Camera

Kelebihan Action Camera yang pertama adalah :

Ringan dan Kecil . Action camera seperti GoPro , Xiaomi Yi, Brica , SJCAM dan lain sebagainya memiliki ukuran dimensi yang sangat kecil , biasanya action camera pada umumnya memiliki panjang : 6 cm , tinggi 4 cm dan tebal 2 cm saja .

Berikut Perbandingan Ukuran Action Camera VS DSLR

Perbandingan Ukuran Action Camera Dengan DSLR
Perbandingan Ukuran Action Camera Dengan DSLR

Dengan ukuran Action Camera yang sangat kecil ini , kita dapat dengan mudah membawa kamera dan me-mounting nya pada media apa saja .

Tahan Air dan Guncangan . Action Camera pada umumnya dilengkapi dengan sebuah housing water proof yang tahan air , tahan debu dan tahan guncangan . Sedangkan DSLR sangat sulit untuk bisa membuatnya tahan air , karena ukurannya yang besar belum lagi tombol yang banyak dan lensa yang digunakan , membuat housing water proof sangat jarang kita temukan untuk kamera DSLR .

Simak Juga :  Kamera Smartphone Untuk Vlog ?

Sudut Pandang Lebar / Wide Angle . Action camera biasanya dilengkapi dengan lensa yang memiliki Wide focal length dengan drajat diatas 140 . Contohnya Xiaomi Yi dengan 155-degree angle of view . Biasanya DSLR membutuhkan lensa khusus yang mahal untuk mendapatkan wide angle , namun dengan action camera kita tidak perlu membeli perangkat tambahan lagi .

Bisa Terhubung Dengan Smartphone . Dengan bantuan WiFi atau Bluetooth , kita bisa menghubungkan action camera dengan smartphone secara wireless . Fitur ini mempermudah kita untuk mengontrol kamera dari jarak jauh hingga mengorganisir file manager .

Kekurangan Action Camera

Tidak Ergonomis . Ukurannya yang kecil karena didesain untuk diletakan pada objek bergerak , membuat kita merasa tidak nyaman untuk merekam video menggunakan Action Camera dengan tangan kosong .

Lensa Yang Tidak Bisa Diubah . Kita harus puas dengan hasil gambar yang dihasilkan oleh lensa built-in dari action camera .

Fitur Terbatas . Action Camera hanya cocok digunakan untuk foto dan video standard saja , berbeda dengan DSLR yang memungkinkan kita untuk melakukan pengaturan ISO dengan range yang lebar dan Macro untuk mengambil gambar objek microscopic .

Kamera DSLR

Kelebihan dan Kekurangan Kamera DSLR
Kelebihan dan Kekurangan Kamera DSLR

Kelebihan Kamera DSLR

Ergonomis . Dengan bentuk khusus dan posisi tombol yang mudah dijangkau , membuat Kamera DSLR sangat nyaman digenggam sehingga merekam video atau mengambil foto bisa dilakuka dengan tangan kosong secara maksimal .

Kualitas Gambar Juara . Kamera DSLR biasanya memiliki hasil foto dan video yang benar-benar apa adanya (RAW) , sehingga kita mendapatkan hasil video atau foto dengan ukuran besar dan resolusi maksimal .

Lensa Yang Bisa Diganti . Untuk yang hobby fotografi , mengkoleksi lensa sangat lah mengasyikan , Kamera DSLR bisa diganti Lensa nya sesuai dengan kebutuhan kita .

Simak Juga :  GoPro Rilis Website Khusus Video 360°

Sensor Berkualitas . Sensor yang bertenaga membuat hasil video dan foto dari DSLR sangat maksimal . Range Pengaturan ISO yang sangat lebar sehingga kita bisa mengambil video atau foto dalam kondisi minim cahaya dengan maksimal .

Kekurangan Kamera DSLR

Ukurannya Besar . Kamera DSLR bukanlah tipe kamera yang bisa kita bawa setiap hari kemana pun kita mau . Kamera DSLR biasanya digunakan pada moment – moment penting saja , seperti acara pernikahan dan konser atau pertunjukan .

Harganya Mahal . Harga kamera DSLR sangatlah tinggi , belum lagi lensanya . Untuk memiliki sebuah kamera DSLR yang nyaman dan bisa digunakan secara flexible , minimal kita harus menyiapkan dana 4 hingga 10 juta rupiah .

Waterproofing ? Siapkan Dana Lebih . Seperti yang sudah dikatakan diatas , kamera DSLR bukan tipe kamera yang bisa digunakan kapan pun dan dimana pun . Jika ingin kamera DSLR kalian lebih kuat dan tahan terhadap kondisi ekstrim , maka siapkan dana lebih untuk membeli perangkat pelindung seperti Water Proof Housing misalnya .


Kira-kira itulah tadi beberapa perbandingan antara Action Camera VS Kamera DSLR , sebagai penutup agar kalian bisa dengan mudah menentukan pilihan antara Action Camera atau DSLR , silahkan lihat video perbandingan hasil video Action Camera VS Kamera DSLR :

Baca Juga : 

Selamat memilih 🙂