Cara Live Streaming Di Youtube Dengan Mudah

17
72148

Bagaimana Sih Cara Live Streaming Di Youtube ? pertanyaan tersebut sangat sering ditanyakan ketika NGELAG.com menonton sebuah video live streaming dari youtuber lain di Indonesia .

Dan kali ini NGELAG.com akan mencoba memberikan tutorial cara live streaming di youtube dengan mudah dan simple . Selain tutorial kalian juga akan menemukan banyak sekali informasi mengenai live streaming di youtube lainnya yang mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan kalian tentang live streaming di Youtube .

Syarat Untuk Live Streaming

Untuk live streaming , kalian harus memiliki akun youtube yang sudah memenuhi syarat dibawah ini . Jika belum punya akun youtube , silahkan baca artikel berikut : Cara Membuat Channel Youtube .

Syarat yang pertama untuk bisa melakukan live streaming di youtube adalah memiliki channel youtube yang sudah terverifikasi . Caranya gampang banget , kalian tinggal mengunjungi http://www.youtube.com/verify dengan kondisi sudah login ke youtube lalu masukan nomor handphone yang bisa dihubungi untuk menerima sms atau telepon berisi kode verifikasi .

Syarat yang kedua adalah mengaktifkan fitur Live streaming pada halaman https://www.youtube.com/features . Dan pastikan kalian melihat status channel kalian Partner Verified .

Cara Live Streaming Di Youtube - Verifikasi Channel Youtube
Verifikasi Channel Youtube

Dan juga jangan lupa fitur Live Streaming harus berada pada kondisi Enabled .

Cara Live Streaming Di Youtube - Mengaktifkan Fitur Live Streaming
Mengaktifkan Fitur Live Streaming

Setelah memenuhi syarat , kalian bisa langsung melakukan live streaming di youtube . Ada dua jenis live streaming di Youtube yaitu Stream now (Stream Sekarang) dan Events . Perbedaan antara keduanya adalah , Stream now cocok untuk acara live dadakan yang sangat simple , begitu kalian memulai live streaming dari PC kalian , maka live streaming akan langsung dimulai .Ini yang paling sering digunakan oleh para Youtuber , seperti Youtuber Gaming di Indonesia yang kerap melakukan live streaming di youtube .

Pada halaman Stream now , kalian akan melihat 4 Pengaturan yaitu :

  • Basic Info / Info Dasar . Tempat kalian memberikan judul dan deskripsi Live Streaming hingga kategori live streaming .
  • Stream Option / Pengaturan Streaming . Disini kalian bisa memilih untuk mengaktifkan DVR atau tidak , menyimpan video hasil live streaming atau tidak , memilih stream optimization hingga menambahkan delay
  • Monetization . Jika kalian ingin video live stream kalian menghasilkan uang maka kalian wajib mengaktifkannya .
  • Cards . Kalau ini untuk menambahkan interaksi pada video live streaming kalian , seperti tulisan , link , gambar hingga tombol calls to action .

Sedangkan jika kalian melakukan live streaming melalui Events , maka kalian bisa menjadwal kapan live streaming akan dimulai sehingga bisa mempersiapkan live streaming dengan lebih matang . Kalian bisa mencoba live streaming kalian tanpa harus diketahui oleh penonton dan kalian bisa melakukan pengaturan yang lebih rumit sehingga live streaming bisa lebih sesuai dengan keinginan kalian dan lebih optimal . Kalian harus melakukan penjadwalan terlebih dulu , misalnya 30 menit dari sekarang live streaming akan dimulai .

Nah pada artikel kali ini , NGELAG.com hanya akan membahas cara live streaming di Youtube dengan simple menggunakan Youtube Stream Now . Untuk tutorial Live streaming lewat Events di Youtube , akan secepatnya kita buatkan artikelnya , karena lumayan rumit hehe.

Advertisement

Cara Live Streaming Di Youtube Dengan Mudah Dan Lancar Menggunakan OBS

  1. Download OBS Disini dan Install pada komputer kalian ,
  2. Lalu Buka YouTube Live Streaming Dashboard
  3. Buka Advanced Settings
    Cara Live Streaming Di Youtube Lancar Dan Mudah
  4. Isi Judul, Deskripsi, Tag dan Category

    Cara Live Streaming Di Youtube Lancar Dan Mudah - Judul , Tag dan Deskripsi Video
    Isi Judul , Deskripsi dan Tags Video Live Streaming Kalian Ikuti Tips SEO Video Youtube
  5. Buka OBS > Settings > Stream
    Cara Live Streaming Di Youtube Lancar Dan Mudah - Settingan OBS
  6. Pilih Menu Streaming
  7. Pilih Custom Streaming Server
  8. Masukan URL dan Stream Key yang didapat dari Youtube Live Streaming Dashboard

    Cara Live Streaming Di Youtube Lancar Dan Mudah - Settingan OBS 2
    URL Dan Stream Key Bisa Kalian Temukan Pada Bagian Paling Bawah YouTube Live Dashboard
  9. Selanjutnya Add Scenes
    Cara Live Streaming Di Youtube Lancar Dan Mudah - Settingan OBS 3
  10. Berikan Nama Sesuai Keinginan
    Cara Live Streaming Di Youtube Lancar Dan Mudah - Settingan OBS Memberikan Nama Scene
  11. Lalu Add Source Pilih Jenis Source Yang Di Inginkan
    Cara Live Streaming Di Youtube Lancar Dan Mudah - Settingan OBS Add Source
  12. Kalian bisa menambahkan apapun disini , akan dijelaskan dibawah jenis-jenisnya
  13. Lalu Tekan Start Stream untuk memulai live streaming di Youtube .
    Cara Live Streaming Di Youtube Lancar

Jenis-Jenis Source Pada OBS

  • Audio – Jika kalian ingin memasukan sumber suara kedalam live streaming , seperti microphone gunakan pilihan ini,
  • Browser Source – Jika kalian ingin menampilkan isi dari sebuah website pada video live streaming , maka gunakan pilihan Browser Source ini , kalian juga bisa memodifikasi CSS dari website yang kalian tampilkan , sehingga terlihat lebih sesuai.
  • Display Capture – Pilihan ini memungkinkan kalian untuk menampilkan layar komputer kalian kedalam live streaming di Youtube ,
  • Game Capture – Menampilkan permainan atau game yang sedang kalian mainkan kedalam video live streaming .
  • Image – Menambahkan gambar pada live streaming
  • Media Source – Menambahkan file multi media lain kedalam live streaming
  • Scene – Menambahkan Scene (jika kalian membuat 2 scene , maka kalian bisa menggunakan pilihan ini)
  • Text – Menambahkan tulisan pada video live streaming
  • Video Capture Device (Kamera) – Kalian bisa memanfaatkan pilihan ini untuk menampilkan face cam pada live streaming di YouTube (gunakan kamera ber HDMI atau Webcam)
  • Window Capture –  Menampilkan layar komputer kalian tapi hanya pada window atau program tertentu saja , misalnya kalian ingin menampilkan tampilan program tertentu , namun kalian tidak ingin penonton melihat isi desktop kalian , maka bisa menggunakan pilihan ini .

Live Streaming Di Youtube Patah-Patah atau Tidak Lancar ?

Jika kalian mengalami hal ini , ada banyak kemungkinan dan kemungkinan yang pertama adalah karena resolusi live streaming yang kurang optimal .

  • Buka OBS > Settings
  • Pilih Menu Video dan pastikan Output Resolution menggunakan angka yang optimal untuk youtube ,
    Pengaturan OBS Agar Live Streaming Di Youtube Lancar
    Angka Resolusi Optimal yang disarankan oleh Youtube antara lain :
  • 426×240 dengan Video Bitrate Range: 300 hingga 700 Kbps
  • 640×360 dengan Video Bitrate Range : 400 hingga 1,000 Kbps
  • 854×480 dengan Video Bitrate Range : 500 hingga 2,000 Kbps
  • 1280×720 dengan Video Bitrate Range : 1,500 hingga 4,000 Kbps
  • Dan resolusi lain yang lebih besar bisa kalian lihat langsung disini.
  • Untuk merubah Bitrate , pilih pengaturan Output lalu gunakan pengaturan yang optimal seperti yang ditunjukan pada foto dibawah ini :
    pengaturan-obs-cara-live-streaming-di-youtube-lancar

Jika kalian melakukan live streaming menggunakan PC dengan spesifikasi hardware yang terbatas , maka hindari melakukan live streaming dengan resolusi yang tinggi . Gunakan saja 640×360 atau paling tinggi pada resolusi 854×480 .

Membuat sebuah video live streaming sangat memakan resource pada komputer kalian , sehingga membutuhkan processor yang tangguh untuk multi tasking dan kapasitas RAM yang cukup besar (disarankan untuk memiliki RAM 4GB atau diatasnya) .

Apalagi jika kalian melakukan Live Streaming sambil bermain game , kalian memerlukan spesifikasi komputer yang cukup mewah . Jika kalian ingin merakit PC game dengan harga yang murah , kalian bisa mengunjungi artikel tentang Rakit PC Gaming yang sebelumnya ditulis di NGELAG.com .

Selain komputer yang harus mumpuni , kecepatan Internet juga harus diperhatikan . Pada dasarnya , Live Streaming Di Youtube merupakan proses upload video secara realtime jadi , semakin cepat kecepatan Internet yang kalian gunakan , maka semakin besar juga kecepatan uploadnya . Sebagai contoh jika kecepatan internet kalian adalah 10 mbps maka kecepatan uploadnya paling tidak sebesar 1 mbps .

mbps ya bukan MBps , megabit per second bukan Mega Byte per second , jadi jika video yang di live streaming kan oleh kalian size nya kira-kira 500 Kilo Byte per detik , maka kecepatan Internet 10 mbps sangat kurang karena dengan kecepatan internet sebesar itu , kalian hanya bisa mengupload sebuah file dengan kecepatan 125 Kilo Byte per detik .

Itulah tadi artikel tutorial yang sangat panjang tentang cara live streaming di YouTube , meskipun panjang mudah-mudahan kalian bisa memahaminya dan bisa memulai live streaming di YouTube secepatnya . Semoga sukses dengan Live Streaming Nya ya ! Jika ada yang kurang jelas dan ingin ditanyakan , silahkan bertanya melalui kolom komentar di bagian paling bawah halaman ini .

 

17 KOMENTAR

  1. Min.Laptop saya 32 bit dan ketika saya melakukan live streaming putus2.Padahal bitrate nya sudah saya rubah.Saya lihat di youtube katanya output dari encodernya rendah.Solusinya dong min…

    • Caranya dengan tidak mengupload siaran bola , karena konten siaran sepak bola itu sudah di hak cipta oleh stasiun televisi, mereka membayar mahal agar bisa menyiarkannya di stasiun tv mereka. Kalau mas mau upload ke youtube siaran sepak bola , coba hubungi langsung ke FIFA atau PSSI kalau sepak bola nasional dan mas daftar jadi media partner mereka, mas bayar berapa ratus juta atau milyar baru deh upload ke youtube dengan tenang.

    • Makan banyak koneksi upload, jadi koneksi internet nya harus punya kecepatan upload yang besar. Kalau misalnya kita live streaming pake internet dengan kecepatan download 10mbps tapi uploadnya cuma 1mbps, maka hasil nya bakal patah2 kecuali menurunkan pengaturan encoder sehingga resolusi video yang kita siarkan rendah

  2. buat live streaming kira kira membutuhkan koneksi internet berapa mbps..kalo 100mbps buat stream bisa lancar ngga..mks ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here