[Lengkap] Firewall : Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Kerja

Diposting pada

Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Kerja Firewall – Firewall adalah sebuah sistem keamanan yang berfungsi memfilter keluar masuk data pada sebuah jaringan. Firewall akan membatasi setiap data yang tidak diijinkan masuk sehingga kemanan sistem lebih terjaga.

Firewall akan sangat berguna bila ada virus yang mencoba masuk melalui jaringan karena jika port masuk yang digunakan oleh virus diblock maka virus tidak akan berhasil masuk. Selain itu firewall juga bisa digunakan untuk membatasi software apa saja yang boleh terhubung kejaringan atau internet.

Nah ini bermanfaat jika anda tidak ingin kuota anda tersedot begitu saja karena ada aplikasi yang tanpa sepengetahuan anda terhubung keinternet. Anda bisa membatasi software tersebut agar tidak bisa terhubung ke internet.

Baca juga: Apa Itu Virus Ransomware WannaCry ?

Untuk mengetahui dalam anda harus mengetahui apa fungsi firewall, manfaat firewall, dan cara kerja firewall. Simak ulasannya berikut ini:

Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Kerja Firewall

PENGERTIAN, FUNGSI, MANFAAT DAN CARA KERJA FIREWALL

Fungsi Firewall

Firewall memiliki banyak fungsi yang harus anda ketahui karena dengan mengetahui fungsinya anda bisa memanfatkan firewall dengan baik.

  1. Sebagai pengawas data. Firewall akan mengontrol setiap aktivitas data dalam jaringan yang dianunginya.
  2. Firewall akan secara otomatis melakukan filtering data yang dianggap berbahaya dan data yang dianggap aman.
  3. Firewall sebagai authenticator setiap aktifitas.
  4. Firewall akan melakukan scanning seluruh paket data sehingga firewall mampu mendeteksi paket data dengan lebih akurat.
  5. Mencatat seluruh transaksi padahttp, http, udp, tcp, port 80, 88, 433, dll.

Baca juga: Cara Merekam Layar PC Dengan Mudah

Manfaat Firewall

Simak Juga :  [Tested] Cara Memperbaiki Harddisk Eksternal Yang Tidak Terbaca

Firewall bermanfaat bagi jaringan untuk menjaga keamanan dan kerasahiaan data anda yang masuk dan data yang keluar. Hal ini dilakukan oleh firewall agar komputer yang terhubung dengan jaringan tetap aman.

  1. Melindungi data anda dari yang tidak diinginkan.
  2. Mampu mencegah aliran data yang masuk atau yang keluar jaringan.
  3. Melakukan proses Network Address Translation (NAT) yaitu proses modifikasi data sehingga aman masuk kedalam jaringan.
  4. Meningkatkan ke akuratan penyajian data seperti, data informasi keuangan, data spesifikasi produk , dan lain lain.

Baca juga: Simulasi Rakit PC Harga Dan Spesifikasi

Cara Kerja Firewall

Sebuah komputer mempunyai banyak sekali port, bahkan sampai ribuan port yang digunakan untuk banyak kepentingan.  Secara garis besar firewall akan menutup port pada jenis paket yang dilarang dan akan terbuka untuk data yang diijinkan.

Firewall akan menjadi pertahanan terdepan yang untuk menjadi yang pertama mengetahui adanya paket data yang keluar masuk.

  1. Pertama firewall akan menyimpan data ditempan yang aman kemudian menganalisis data tersebut. Data yang terindikasi tidak aman akan ditolak dan data yang aman diijinkan untuk masuk jaringan.
  2. Semua alur sistem tersebut berjalan atas pengaturan yang tersimpan dalam setting filter firewall. Jika sesuai dengan rules yang ada maka akan diijinkan jika berlawanan dengan rules maka otomatis ditolak.

Baca juga: 5 Cara Mempercepat Koneksi Internet Yang Beneran Berfungsi