Jangan Percaya Mitos Teknologi Ini

Diposting pada

Mitos Teknologi adalah anggapan yang salah namun dipercaya oleh sebagian besar masyarakat , mitos – mitos teknologi semakin dipercaya di kalangan masyarakat khususnya di Indonesia , hal ini disebabkan karena sering kali beberapa media termasuk media online senang menulis sebuah artikel yang membahas kebohongan guna menarik minat pembaca atau pemirsa .

Contoh berita bohong yang populer dikalangan masyarakat adalah seperti : Bahaya WiFi , WiFi menyebabkan mandul , WiFi menyebabkan kangker , Smartphone menyebabkan kangker otak sampai yang paling populer Smartphone yang meledak jika dicharge semalaman .

Ternyata semua berita yang beredar tersebut hanyalah sebuah argumen yang tidak berdasarkan penelitian , jadi kebenarannya sangat diragukan . Untuk itu NGELAG.com melansir sebuah artikel yang didapat dari tech insider mengenai Mitos Teknologi Yang Tidak Perlu Lagi Dipercaya .

Komputer Mac Tidak Bisa Kena Virus

Jangan Percaya Mitos Teknologi Ini Komputer Mac Tidak Bisa Kena Virus Mitos : Apple mengklaim semua sistem operasi buatannya bebas dari serangan virus , khususnya Macintosh . Apple mengatakan bahwa Mac tidak akan terkena virus seperti Windows .

Faktanya : perkataan tersebut langsung ditarik oleh Apple setelah ribuan komputer Mac terkena virus Trojan pada tahun 2012.

Melakukan Charging Smartphone Terlalu Lama Bisa Merusak Baterai

Jangan Percaya Mitos Teknologi Ini Melakukan Charging Smartphone Terlalu Lama Bisa Merusak BateraiMitos : Kebanyakan orang apalagi di Indonesia mengatakan bahwa melakukan charging smartphone semalaman akan membuat baterai smartphone menjadi rusak . Hal ini sangat diragukan kebenarannya karena belum ada bukti yang menunjukan bahwa jika mengisi baterai terlalu lama akan merusak baterai smartphone .

Simak Juga :  Harga Xiaomi Mi 5 dan Spesifikasi, Kapan Rilis Di Indonesia ?

Faktanya : Smartphone – smartphone yang banyak digunakan pada masa ini , menggunakan baterai berjenis lithium-ion yang sangat canggih , lithium-ion mampu mendeteksi presentasi kapasitas baterai , jika baterai sudah penuh maka baterai akan secara otomatis memutus aliran daya dari charger.

Kamera Yang Baik Itu Memiliki Megapixel Yang Banyak

Jangan Percaya Mitos Teknologi Ini Kamera Yang Baik Itu Memiliki Megapixel Yang BesarMitos : smartphone yang mempunyai kamera dengan megapixel banyak selalu lebih baik dibanding smartphone dengan kamera ber kekuatan lensa lebih sedikit.

Lebih banyak megapixel artinya lebih banyak cahaya yang bisa diserap oleh sebuah lensa .

Faktanya : tidak selalu kamera dengan jumlah pixel yang besar menjadi lebih baik dibanding kamera yang lebih kecil jumlah pixelnya . Kamera dengan jumlah pixel yang besar ibarat menangkap air hujan dengan gelas kecil yang banyak dan berlubang , namun ada kamera dengan jumlah pixel yang kecil ibarat menangkap air hujan dengan beberapa ember saja .

Smartphone Bagus Itu Punya Resolusi Layar Yang Tinggi

Jangan Percaya Mitos Teknologi Ini Smartphone Bagus Itu Punya Resolusi Layar Yang TinggiMitos : layar smartphone dengan resolusi yang sangat tinggi akan menghasilkan tampilan yang lebih tajam , contohnya LG G3 dengan layar 2560 x 1440 .

Faktanya : mata manusia tidak bisa menerima sebuah tampilan dengan resolusi yang terlalu tinggi , mata manusia hanya bisa menerima resolusi layar paling tinggi 1920 x 1080 , lebih dari itu mata manusia tidak akan merasakan perbedaan atau kualitas yang lebih baik .

Komputer Lebih Baik Jangan Dimatikan Setiap Hari

Mitos : komputer lebih baik dibiarkan menyala dan tidak dimatikan terlalu sering .

Faktanya : komputer beroperasi dengan tenaga listrik , listrik menghasilkan panas , mematikan komputer ketika tidak digunakan secara rutin tentu akan mengurangi resiko kerusakan dan memperpanjang usia pemakaian dari komponen komputer itu sendiri .

Kalau Magnet Ditempatkan Di Dekat Komputer , Data Bisa Hilang

Mitos : menempelkan magnet didekat komputer bisa menghapus data dalam harddisk .

Simak Juga :  5 Cara Mempercepat Koneksi Internet Yang Beneran Berfungsi

Faktanya : Jika data tersimpan dalam floppy disk jaman dulu , hal ini mungkin saja terjadi dengan menggunakan magnet berdaya lemah seperti magnet yang ditempelkan pada kulkas . Namun komputer jaman sekarang kita sudah mengenal harddisk , meskipun harddisk bisa terganggu dengan magnet namun membutuhkan magnet super kuat untuk menghapus atau mempengaruhi data dalam harddisk .

Telepon Genggam Menyebabkan Kangker

Mitos : Radiasi telepon genggam bisa menyebabkan kangker hingga gangguan otak .

Faktanya : hingga detik dimana artikel ini diterbitkan , belum ada sebuah kasus yang membuktikan bahwa telepon genggam menyebabkan kangker . Meskipun memang telepon genggam dan alat elektronik lainnya memancarkan radiasi , namun jumlahnya sangat kecil dan tidak memiliki kekuatan yang cukup besar untuk mempengaruhi sel tubuh mahluk hidup.

WiFi Berbahaya Untuk Kesehatan

Mitos : WiFi memancarkan radiasi yang tidak baik untuk kesehatan , beberapa media online bahkan terang-terangan menulis bahaya WiFi untuk kesehatan .

Faktanya : sama seperti telepon genggam , tidak ada bukti yang kuat bahwa WiFi menyebabkan gangguan kesehatan seperti kangker , mandul dan lain sebagainya . Radiasi yang dipancarkan melalui modem WiFi sangat kecil dan tidak memiliki cukup tenaga untuk mempengaruhi sel dalam tubuh . Baca Juga : WiFi Tidak Berbahaya Seperti Yang Dibayangkan

Indikator Sinyal Yang Baik Akan Memberikan Layanan Seluler Yang Baik

Mitos : Jika indikator sinyal pada telepon genggam penuh , maka kualitas yang kita dapatkan akan jauh lebih baik .

Faktanya : Indikator sinyal bukan menunjukan seberapa baik kualitas jaringan yang digunakan , namun seberapa besar sinyal yang didapat oleh telepon genggam . Semakin dekat perangkat seluler dengan sumber sinyal , maka akan semakin besar juga Indikator sinyal yang ditunjukan . Buktinya , kalian akan mendapatkan indikator sinyal WiFi yang tinggi meskipun jaringan internet dari ISP sedang gangguan .

Simak Juga :  What Does Om Telolet Om Mean ?

Itulah tadi beberapa pembodohan yang disebarkan oleh media-media abal-abal untuk mengejar rating dari pembaca . Sudah saatnya kita lebih cerdas dalam mencerna sebuah informasi , gunakanlah logika sebelum percaya terlalu jauh terhadap sebuah berita yang nyatanya hanyalah mitos belaka .