Rahasia Dibalik Kesuksesan Xiaomi

Diposting pada

Xiaomi adalah produsen smartphone terbesar ke 3 di dunia , bersaing dengan Apple dan Samsung . Hanya dalam waktu 4 tahun sejak pembentukan konsep , perusahaan asal China ini kini sudah dikenal secara luas dan memiliki jutaan pelanggan diseluruh dunia .

Produk unggulan Xiaomi adalah Smartphone dan Action Camera , kedua produk inilah yang membuat Xiaomi terus dikenal dan terus terkenal , termasuk di Indonesia .

Lalu apakah yang membuat Xiaomi dapat dengan begitu cepat sukses dan terkenal ?

Nah , pada artikel kali ini NGELAG.com akan menuliskan beberapa strategi yang dilakukan Xiaomi dalam meraih kesuksesannya . Kita bisa belajar banyak ilmu entrepreneur dari strategi yang Xiaomi lakukan .

Baca Juga :
Apakah Google Bisa Bankrut ?
8 Bisnis Online Tanpa Modal Besar Tapi Menguntungkan

1 . Pintar Dalam Menentukan Harga

Produk Xiaomi selalu memiliki harga yang jauh lebih murah dibanding kompetitornya . Namun Xiaomi selalu menawarkan kualitas hardware terbaik dan dukungan software yang premium .

Contohnya Xiaomi Yi 4K yang baru saja dirilis dengan spesifikasi yang hampir sama bahkan lebih baik dibandingkan dengan GoPro Hero4 Black , namun Xiaomi hanya menjual Action Camera terbarunya ini dengan harga 2.6 juta saja . Sedangkan GoPro Hero4 Black hingga saat ini saja , harganya masih di angka 6 Jutaan .

Xiaomi memiliki strategi penjualan dimana produknya menyasar kalangan menengah . Kalangan menengah inilah yang sebenarnya yang paling berpotensi karena jumlah masyarakat kelas menengah sangat banyak .

Contohnya di Indonesia , disini banyak sekali konsumen kelas menengah , kebanyakan dari mereka tergiur untuk memiliki iPhone terbaru atau Samsung Galaxy , namun kebanyakan dari masyarakat Indonesia tidak mampu membelinya . Lalu Xiaomi hadir menawarkan smartphone murah dengan kualitas yang tidak kalah menggiurkan dengan iPhone dan Galaxy , lalu banyak masyarakat Indonesia membelinya .

Xiaomi tidak menjual brand , Xiaomi menjual produk

2 . Xiaomi Tidak Mengambil Keuntungan Terlalu Besar

Kalian pasti heran , kenapa Xiaomi bisa menjual produk berkualitas dengan harga yang sangat murah , bukan ? Produk Xiaomi biasanya beredar di pasaran dengan waktu yang lebih lama dibanding produk Apple dan Samsung. Rata-rata produsen smartphone , meluncurkan versi terbaru dari smartphone terdahulu setelah 1 tahun . Namun Xiaomi baru merilis smartphone baru hingga 2 tahun kemudian setelah smartphone terdahulunya rilis .

Simak Juga :  Cara Trading Bitcoin , Dapat Keuntungan 15 Juta Perbulan

Rahasianya adalah , harga komponen elektronik smartphone akan mengalami penurunan harga dalam 2 tahun sekali . Siklus ini selalu terjadi dan penurunan harganya mencapai 90% . Hal ini membuat Xiaomi bisa memproduksi smartphone baru dengan spesifikasi yang ditingkatkan namun tetap memiliki harga yang tidak jauh berbeda dengan smartphone sebelumnya .

Selain itu , Xiaomi juga tidak mengambil keuntungan yang besar pada setiap produk yang mereka jual . Misalnya harga produksi sebuah smartphone Rp . 9.000 , maka xiaomi akan menjualnya Rp . 10.000 , Xiaomi mengambil keuntungan Rp . 1,000 . Jika dengan memasang harga murah , produknya bisa laku banyak , maka keuntungannya akan sangat tinggi juga kan ?

Berbeda dengan produsen lain , yang kerap memasang harga produknya terlalu tinggi (overpricing) . Biasanya mereka merasa brand nya adalah brand kelas atas dan hanya mengarah pasar kelas atas saja .

Metode penjualan dan penetapan harga yang dilakukan Xiaomi ini , telah merubah trend pasar smartphone dunia loh . Sumber

3 . Xiaomi Dikenal Lewat Mulut Ke Mulut

Promosi dari mulut ke mulut adalah media promosi yang paling jitu dan potensial yang pernah ada . Xiaomi hingga saat ini belum pernah memasang iklan seperti produsen smartphone lain .

Xiaomi justru langsung menjual produk berkualitas dengan harga murah , dengan demikian pembeli akan merasa tidak percaya dan ternyata pembeli puas dan mereviewnya ke teman dan keluarga mereka . Kalian pasti pernah mendengar kalimat “eh kalau mau beli smartphone murah tapi bagus mah , beli Xiaomi aja “

4 . Merekrut Orang Yang Tepat

Tidak tanggung-tanggung , xiaomi yang awalnya hanya dikenal di China saja , merekrut Hugo Barra sebagai Vice President . Hugo Barra sendiri awalnya merupakan VP dari product management dan product spokesperson untuk produk Android dari Google .

Simak Juga :  Xiaomi Tidak Akan Hadir Di Mobile World Congress 2017
Hugo Barra Xiaomi
Hugo Barra Xiaomi

Orang lain mungkin menilai Xiaomi terlalu muluk-muluk dengan merekrut Hugio Barra , tapi meskipun Xiaomi masih berpusat di China , perusahaan ini sudah bernilai $10.000.000.000 dan memiliki ambisi yang luar biasa , yaitu menjual 20 juta unit smartphone per tahun .

Dari sini kita sudah bisa melihat , Xiaomi ingin terus melebarkan sayap dan meningkatkan eksistensinya di kancah internasional , dengan merekrut Hugo Barra yang memang berpengalaman dengan pemasaran produk smartphone Android dari google , harapan xiaomi mungkin akan lebih mudah tercapai .

Tidak berhenti sampai disitu , pada tahun 2014 Xiaomi juga merekrut Manu Jain untuk dijadikan sebagai  general manager dan head of operations di India . Kalian kan tahu sendiri India merupakan negara yang padat penduduk dan masyarakatnya pasti akan suka dengan produk Xiaomi , India juga terkenal dengan media online yang eksis hingga ke seluruh penjuru dunia .

Xiaomi memiliki prinsip : jika ingin serius , maka rekrut orang yang serius dan berpengalaman .

5 . Flash Slae dan Crowdfunding

Rahasia Kesuksesan Xiaomi
Target Penjualan Xiaomi Yi 4K yang sudah berhasil hingga 800%

Xiaomi pernah melakukan flash sale produk Hongmi di India dengan hanya memasang harga Rp . 200 perak saja , flash sale ini hanya berlangsung selama 90 detik .

Siapa sih yang tidak tertarik dengan FlashSale ? Stok terbatas , waktu yang sebenar dan banyak yang berminat . Dari flashsale Xiaomi berhasil membuat antrian peminat yang sangat panjang sekaligus memperkenalkan produknya kepada ribuan orang .

6 . Xiaomi Tidak Punya Pelanggan , Xiaomi Punya Fans

Forum Xiaomi - Rahasia Kesuksesan Xiaomi
Forum Xiaomi

Google mungkin punya client , Microsoft punya customer sedangkan Xiaomi punya Fans . Xiaomi punya forum di China yang berisi 30 Juta member dengan 400 ribu postingan baru setiap harinya .

Lengkaplah sudah strategi yang dimiliki Xiaomi , mereka punya harga , punya kualitas , punya team yang solid dan mereka punya komunitas fans yang tumbuh dengan sendirinya .

Simak Juga :  Jangan Percaya Mitos Teknologi Ini

Kira-kira itulah tadi ke 6 pelajaran penting dari rahasia kesuksesan dibalik Xiaomi . Dari sini kita bisa mempelajari bagaimana perusahaan yang masih seumur jagung bisa menerobos masuk mengalahkan kompetitor lain yang sudah lebih dulu menguasai pasar .