Samsung Rilis SSD 512 GB Sebesar Perangko

Diposting pada

Samsung SSD 512 GB (PM971-NVMe) Menjadi satu-satunya media penyimpanan Solid State Drive dengan ukuran terkecil di dunia , setelah sebelumnya Samsung merilis MicroSD Samsung Evo Plus 256GB yang merupakan microSD dengan kapasitas terbesar didunia .

Produsen SSD atau media penyimpanan atau storage atau apapun itu namanya hehe , dari dulu selalu berlomba-lomba untuk meningkatkan performa dan teknologinya .

Contohnya beberapa saat lalu Segeate Yang Luncurkan PCie SSD Tercepat Tahun Ini dan tantangan Seagate dibalas oleh samsung yang beberapa bulan kemarin merilis SSD Dengan Kapasitas Terbesar Didunia dan hingga akhirnya Samsung merilis sebuah 512-Gigabyte NVMe SSD yang ukurannya sangat kecil mendekati ukuran MicroSD .

Penasaran kan dengan harga dan penampakan dari SSD Terkecil Di Dunia ini ? Berikut ulasannya .

Jadi SSD 512 GB ini dibuat hanya dalam sebuah chip ball grid array (BGA) yang ukurannya sangat – sangat kecil . Samsung mulai memproduksi secara besar-besaran SSD ini untuk nantinya digunakan pada smartphone , mini pc dan super slim laptop / notebook .

Langkah Samsung ini dinilai tepat karena banyak smartphone , laptop hingga komputer saat ini berlomba-lomba untuk memangkas ukuran fisik dari produknya , dan dari dulu harddisk lah yang selalu memakan tempat yang lumayan besar .

Meskipun ukuran Samsung SSD 512 GB ini sangat kecil , namun didalamnya terdapat 16 buah 48-layer 256-gigabit (Gb) V-NAND flash chips , 1 buah 20-nanometer 4Gb LPDDR4 mobile DRAM chip dan tidak ketinggalan sebuah Samsung Controller dengan performa yang tinggi .

Ukuran Samsung SSD 512 GB ini hanya 20mm x 16mm x 1.5mm dengan bobot yang tidak lebih dari 1 Gram . SSD yang memiliki nama PM971-NVMe SSD ini memiliki kecepatan read 1,500MB/s dan kecepatan write 900MB/s . Namun ketika teknologi TurboWrite diaktifkan , kecepatannya meningkat hingga 5GB/s .

Simak Juga :  Samsung Produksi Chromebook Touchscreen

Kecepatan SSD PM971-NVMe 512 GB ini 1500 kali lebih cepat dibandingkan dengan harddisk biasa .

Samsung SSD 512GB NVMe SSD terkecil didunia
Arsitektur Samsung SSD 512GB NVMe
Samsung SSD 512GB NVMe SSD terkecil didunia 2
Samsung SSD 512GB NVMe SSD Dibandingkan Dengan SSD Generasi Terdahulu

Bagaimana ? Dunia teknologi semakin canggih bukan ? diperkirakan awal tahun 2017 nanti akan banyak sekali perangkat laptop , komputer dan smartphone yang menggunakan SSD ini , sehingga proses pengoperasian perangkat – perangkat tersebut akan jauh lebih cepat dibanding apa yang kita rasakan saat ini .