Siapa Jane Jacob Yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

Diposting pada

Jane Jacob Jadi Doodle halaman utama Google hari ini , Rabu 4 Mei 2016 , Halaman utama google yang biasanya hanya menampilkan logo google saja , sekarang dihiasi dengan doodle bertemakan gedung yang warna-warni dan sebuah foto ilustrasi dari Jane jacob .

Pada Doodle hari ini kita tidak menemukan huruf “Google” disana , tetapi diwakilkan oleh warna yang diaplikasikan pada ilustrasi gedung-gedung dan suasana kota yang hangat .

Ternyata hari ini bertepatan dengan hari kelahiran Jane Jacob yang ke 100 . Lalu Siapakah Jane Jacob itu ? Jane Jacob merupakan wanita dengan nama asli Jane Butzner yang lahir pada tanggal 4 Mei 1916 dan wafat pada tanggal 25 April 2006 .

Baca Juga :  Google Doodle Untuk Sophie Taeuber-Arp

Jane Jacob merupakan seorang Jurnalis , penulis dan aktivis yang sangat dikenal atas pengaruhnya pada studi perkotaan (Urban Studies) . Buku-buku karya tulisnya sangat disukai oleh banyak orang , salah satu buku terbaiknya adalah buku terbitan tahun 1961 yang berjudul The Death and Life of Great American Cities , pada bukunya Jane Jacob berpendapat bahwa pembaharuan perkotaan tidak menghargai kebutuhan yang paling penting bagi kaum urban . Buku ini juga memperkenalkan konsep sosiologi seperti “eyes on the street” and “social capital”.

Jane Jacob juga dikenal sebagai seseorang yang kerap memperjuangkan hak-hak rakyat kecil yang tinggal di “kawasan kumuh”

Jane Jacob
Jane Jacob , Aktivis wanita yang peduli dengan nasib rakyat kecil. Wikipedia

Jane Jacob merupakan anak dari John Decker Butzner yang seorang dokter dan ibunya Bess Robison Butzner yang merupakan seorang mantan guru dan perawat.

Perjalanan Karir Jane Jacob

Setelah menjalani studi selama 2 tahun di  Columbia University’s School of General Studies , Jane Jacob bekerja pada  Iron Age magazine yang merupakan penerbit majalah . Sebuah artikel yang dia terbitkan pada tahun 1943  tentang penurunan ekonomi di Scranton, Pennsylvania dinilai sangat baik dan memiliki pengaruh yang besar .

Simak Juga :  3 Mobil Melayang Secara Misterius Di China

 

Lalu setelah menjadi penulis di majalah Iron Age , Jane Jacob menjadi penulis papan atas untuk Office of War Information dan setelah itu dia menjadi reporter senior untuk majalah America (Majalah publikasi Departemen Luar Negeri AS)

Karirnya yang terus menanjak hingga membuat wanita campuran Amerika-Kanada ini semakin matang dalam dunia jurnalis dan penulis .

Terakhir pada tahun 2004 , ia merilis sebuah buku berjudul Dark Age Ahead yang menggambarkan pandangan beliau tentang mulai hancurnya 5 pilar utama di  Amerika Utara yaitu : masyarakat dan keluarga, pendidikan tinggi , ilmu pengetahuan dan teknologi , pajak dan pemerintah yang responsif terhadap kebutuhan warga negara , dan self-regulation by the learned professions .

Jane Jacob meninggal pada usia 84 Tahun di Toronto , Kanada . Beliau meninggal karena kondisi kesehatan yang kian menurun , hingga sebelum ajal menjemput beliau sempat dirawat di Rumah sakit .

Sejumlah mahasiswa di Toronto juga menggelar acara peringatan hari lahir Jane Jacob guna mengenang jasa – jasanya .

https://www.youtube.com/watch?v=TYDAuXp29RM

Dengan diperingatinya hari lahir Jane Jacob pada Google Doodle , diharapkan kita semua dapat mengenang jasa wanita yang tangguh , penulis cerdik dan pemikir hebat ini dan menanamkan rasa nasionalisme juga kepedulian terhadap sesama dalam kehidupan sehari-hari kita .