Teknologi Jaringan 5G Bisa Dinikmati Mulai Tahun 2017 ?

Diposting pada

Teknologi Jaringan 5G ternyata sebentar lagi “mungkin” sudah dapat digunakan , hal ini dibuktikan dengan sebuah project yang kini dilakukan oleh Cisco , Ericsson dan Intel , ketiga brand besar ini ternyata sedang membuat sebuah router yang memiliki teknologi 5G agar segera dapat digunakan dirumah .

Perusahaan Verizon yang merupakan perusahaan raksasa dalam bidang jaringan internet ini ternyata membocorkan sedikit informasi mengenai keberhasilannya dalam teknologi jaringan 5G pada Mobile World Congress 2016 di Barcelona .

Sebuah grup yang sedang gencar mencoba untuk melahirkan keberadaan teknologi jaringan 5G pun telah terbentuk , Verizon 5G Technology Forum namanya , forum ini juga merupakan hasil kontribusi dari para 3 perusahaan besar tadi.

Baca Juga : Li-Fi Terbukti 100 Kali Lebih Cepat Dari Wi-Fi

Sedangkan Ericsson , perusahaan yang sudah berpengalaman dalam produksi perangkat wireless ini ternyata sudah sejak tahun 2014 mengembangkan teknologi jaringan 5G . CEO Hans Vestberg mengatakan Teknologi jaringan 5G bisa terealisasikan minimal 5 tahun lagi , tapi tampaknya Verizon ingin memecahkan rekor baru dengan merealisasikannya tahun depan.

Teknologi jaringan 5G menjanjikan kecepatan yang sangat tinggi , sebelumnya 5G sudah pernah didemokan pada MWC 2016 dan berhasil mencetak kecepatan sebesar 3.77 gigabits per second . Ini artinya 5G akan lebih cepat 300 kali lipat dibanding Google Fiber Networks .

Dengan internet yang lebih canggih dan cepat , diharapkan kehidupan manusia kedepannya dapat lebih mudah , mengingat belakangan ini banyak sekali project-project “Internet of Things” yang dibuat guna membantu manusia dalam kehidupannya sehari-hari.

Suatu saat nanti , semua benda yang manusia gunakan bisa saja memiliki sebuah sensor dan terkoneksi dengan internet guna melakukan interaksi data antara satu dengan yang lainnya agar lebih mudah dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan sebuah aplikasi . Hal seperti ini tentu membutuhkan kualitas internet yang jauh lebih baik dibanding kualitas internet yang kita miliki saat ini.

Simak Juga :  5 Jenis Moto Mods Berserta Harga dan Fungsinya

Comments are closed.