VPS Gratis Digital Ocean Tanpa Kartu Kredit

Diposting pada

Ingin belajar menggunakan Virtual Private Server ? ada VPS Gratis Digital Ocean yang bisa kalian dapatkan tanpa harus menggunakan kartu kredit loh . VPS ini berlaku selama 2 Minggu , lumayan sangat cocok untuk kalian yang ingin mencoba VPS premium untuk belajar sebelum membeli VPS yang sebenarnya .

Memang untuk melakukan konfigurasi VPS tidak semudah menggunakan hosting biasa yang segala sesuatunya tinggal klik sana dan klik sini . Untuk itu kali ini NGELAG.com akan memberikan tutorial sejelas-jelasnya agar kalian bisa mendapatkan VPS Gratis Digital Ocean selama 14 hari tanpa menggunakan kartu kredit sama sekali .

Baca Juga :
Cara Membuat Website Gratis Dan Mudah Untuk Pemula
Cara Membuat Blog Gratis Blogspot dan WordPress
Cara Install Google Accelerated Mobile Pages Pada WordPress

Banyak masyarakat Indonesia khususnya para developer web merasa kebingungan saat hendak membeli atau berlangganan VPS hosting pada layanan Digital Ocean . Perusahaan penyedia layanan internet hosting ini memiliki kantor pusat di New York , Amerika Serikat dan beberapa cabang di hampir seluruh belahan dunia .

Sayangnya di Indonesia Digital Ocean atau yang sering disebut DO ini belum membuka kantor cabangnya , cabang yang paling dekat dengan Indonesia adalah Digital Ocean Singapura . Hal ini membuat kita yang tinggal di Indonesia jika ingin membeli layanan Digital Ocean harus menggunakan Kartu Kredit sebagai alat pembayaran Internasional .

Sedangkan masyarakat kita sangat jarang yang mempunyai Kartu Kredit , andai saja Digital Ocean memberikan alternatif pembayaran lain yang lebih mudah seperti membeli game di Steam yang sekarang bisa menggunakan BitCoin .

Sebelumnya , kita bahas dulu apa sih vps itu ? untuk kalian yang sudah kenal dengan apa itu vps bisa dilewat bagian ini yaa hehe .

Apa Itu VPS ?

VPS atau Virtual Private Server adalah sebuah server yang pada dasarnya sama dengan shared hosting namun memiliki Root Access terhadap Server , Resources yang tidak dibagi dengan pengguna / website lain dan environment atau lingkungan server yang terisolasi .

Untuk lebih mudah dimengerti , silahkan lihat gambar dibawah ini dan tentukan sendiri definisi dari VPS itu sendiri menurut kalian .

VPS Gratis Digital Ocean - Perbedaan Shared Hosting dengan VPS
Seumber : webhostingsecretrevealed dan gouriwebmedia

Bagaimana sudah bisa sedikit-sedikit membedakan dan mengartikan VPS Hosting ? Intinya VPS lebih baik dibanding shared hosting karena ram , cpu , storage dan bandwidth yang kita pesan memang milik kita dan untuk website kita saja , tidak seperti shared hosting yang kerap berebut resource sehingga website kita menjadi berat. Jika sudah bisa mari kita lanjut ke inti dari pembahasan artikel ini yaitu cara mendapatkan VPS Digital Ocean secara gratis tanpa kartu kredit .

Cara Mendapatkan VPS Gratis Digital Ocean Tanpa Kartu Kredit

Kali ini , kita akan memanfaatkan layanan Cloudways yang memperbolehkan kita untuk mendaftar VPS Digital Ocean tanpa menggunakan kartu kredit dan mendapatkan masa uji coba selama 14 hari penuh .

[quads id=”1″]

  1. Kunjungi website Cloudways di http://www.cloudways.com dan tekan tombol berwarna hijau
    VPS Gratis Digital Ocean Tanpa Kartu Kredit
  2. Lengkapi data yang diperlukan seperti : Email dan Password lalu tekan Create My Account
    VPS Gratis Digital Ocean Tanpa Kartu Kredit - Buat Akun Di Cloudways
  3. Lalu akan muncul halaman yang mengatakan bahwa kita harus mengaktifkan layanan melalui Live Chat .
    VPS Gratis Digital Ocean Tanpa Kartu Kredit - Aktivasi Akun
  4. Nah , yang harus kalian lakukan hanyalah melakukan live chat , gunakan bahasa inggris ! 
  5. Pertama , buka jendela live chat dan bilang kalau kalian mau aktifasi akun ya kira-kira bilang aja kaya gini :“hi , i need to activate my cloudways account , what i need to do ?”
  6. Nanti akan ada balasan dari costumer servicenya dan dia nanya , akun email yang mana yang ingin diaktivasi , kalian tulis alamat email yang barusan digunakan saat daftar di Cloudways
  7. Nanti costumer servicenya bakalan nanya lagi tentang website kalian apa , menggunakan aplikasi jenis apa ? kalian jawab aja “my website ngelag.com , currently using wordpress and i interested to use cloudways”
  8. Kalau ada pertanyaan lain pokonya jawab aja sejelas dan apa adanya , kalau gak ngerti pake google translate .
  9. Hingga akhirnya costumer service dari Cloudways membalas dan menginformasikan bahwa link verifikasi sudah dikirimkan melalui email .
    VPS Gratis Digital Ocean Tanpa Kartu Kredit - Akun Teraktivasi
  10. Cek inbox email dan lakukan Aktivasi dengan menekan tombol hijau
    VPS Gratis Digital Ocean Tanpa Kartu Kredit - Aktivasi Akun Lewat Email
  11. Setelah menekan tombol aktivasi , kalian akan diarahkan ke konsol konfigurasi server , disana ada 4 pilihan VPS gratis yaitu : Digital Ocean 14 Hari , Vultr 3 Hari , Amazone Web Service (AWS) 3 Hari dan Google Compute Engine 3 Hari , karena pada tutorial ini kita mau pakai Digial Ocean jadi pilih aja digital ocean .
  12. Tentukan juga aplikasi yang ingin diinstall , ada wordpress , PHP stack , Magento , Prestashop , Drupal , Joomla , Moodle , SugarCRM , Media Wiki dan Koken
    VPS Gratis Digital Ocean Tanpa Kartu Kredit - Pilih Server dan Aplikasi
  13. Lalu setelah memilih layanan dan aplikasi (pada artikel ini kita gunakan WordPress) , pilih ukuran RAM 1GB dan lokasi server Singapura lalu tekan tombol Start My 14 Day Free Trial.
    VPS Gratis Digital Ocean Tanpa Kartu Kredit - Pilih Ukuran RAM dan Lokasi Server
  14. Lalu kalian tinggal menunggu hingga proses konfigurasi server selesai dilakukan .
    VPS Gratis Digital Ocean Tanpa Kartu Kredit - Tunggu Proses Pembuatan Server
  15. Setelah konfigurasi server selesai , tekan tombol Manage Server
    VPS Gratis Digital Ocean Tanpa Kartu Kredit - Konfigurasi VPS Selesai
  16. Dan kalian sekarang sudah memiliki server VPS Gratis Digital Ocean selama 14 Hari yang bisa kalian gunakan untuk mempelajari dan mengetahui bagaimana performa dan cara mengkonfigurasi VPS .
    VPS Gratis Digital Ocean Tanpa Kartu Kredit - Halaman Dashboard VPS Digital Ocean
  17. Jika kalian hendak melakukan login ke dashboard atau consol dari Cloudways , kalian bisa langsung menggunakan alamat https://clickngo.cloudways.com/
Simak Juga :  Cara Membuat Blog Gratis Blogspot dan Wordpress

Itulah tadi cara mendaftar atau mendapatkan VPS Gratis Digital Ocean tanpa kartu kredit dengan sangat mudah . Jika ada yang ingin ditanyakan seputar layanan cloudways atau Digital Ocean silahkan berkomentar pada artikel ini .

Comments are closed.