7 Fitur Utama Pada Android Nougat

0
1433

Android N rilis sebentar lagi , hal ini ditandai dengan semakin sempurnanya fitur yang dimiliki Android N . Banyak yang mengatakan bahwa N adalah inisial dari Nutella , namun ternyata N adalah untuk Nougat , Baca Juga : Android N Resmi Dirilis Dengan Nama Nougat

Baca Juga : OS Android Yang Paling Banyak Digunakan

Jika kalian sudah tidak sabar untuk merasakan Android N pada perangkat smartphone Android kalian , maka ada preview version yang bisa kalian download dengan membaca cara dan tutorialnya pada artikel berikut : Cara Install Android N Developer Preview Di Smartphone

Atau jika kalian hanya ingin mengetahui seperti apa tampilan dan fitur yang akan dimiliki oleh Android N ini , maka berikut ini ada artikel yang kita dapatkan dari The Verge mengenai 8 Fitur Utama Pada Android N yang menarik untuk kita saksikan bersama .

Multitasking

Multitasking atau Multi Window pada android N bekerja dengan sangat baik , untuk membelah layar Android N menjadi 2 kita hanya perlu menekan tombol task-switching , maka kita akan melihat 2 buah layar (atas dan bawah) dan kita juga bisa memilih aplikasi apa yang akan dijalankan pada layar atas dan bawah .

Fitur ini seperti multi-window yang dimiliki sistem operasi Windows 10 , pada sistem operasi Windows kita bisa berpindah dari aplikasi 1 ke aplikasi lain dengan menekan tombol Alt-Tab .

Google menyebut fitur ini sebagai Quick Switch .

Tampilan Android N Multi Window
Multi WIndow atau Multitasking pada Android N

Notifikasi

Pada Android N , drop-down notification akan terlihat lebih simpel dan ringkas . Dengan menggunakan icon baru bernuansa flat-icon , ruang pada notifikasi terlihat lebih elegan dan simpel . Shortcut Pengaturan juga hanya akan tampil 1 baris , namun jika kalian ingin melihat semua pengaturan yang tersedia , maka kalian bisa menekan tombol panah kebawah untuk melakukan expand .

Kumpulan shortcut seperti Wifi , Data seluler , cahaya dan profil suara juga bisa kalian pindahkan posisinya sehingga kalian bisa memilih mana shortcut yang akan muncul pertama .

Fitur Notifikasi Android N
Fitur Notifikasi Android N | The Verge

Kalian juga bisa mengatur intensitas notifikasi dengan menekan & tahan pada notifikasi yang baru muncul . Kalian bisa menghentikan sebuah aplikasi untuk terus mengirimkan notifikasi yang mengganggu pada smartphone kalian .

Pengaturan

Jika pada versi android sebelumnya pengaturan biasanya berada didalam sub menu , pada android N pengaturan yang sering kalian gunakan akan muncul langsung dihalaman depan bagian pengaturan .

Advertisement

Pengaturan Android N
Pengaturan Android N | The Verge

Virtual Reality

Smartphone Dengan Android N terutama produksi dari Samsung, HTC, LG, Xiaomi, Huawei, ZTE, Asus, dan Alcatel memang sudah kompatibel dengan perangkat VR Daydream , meskipun tidak banyak fitur VR yang berpengaruh pada Android N , namun sudah tentu dengan Android versi terbaru , kita akan mendapatkan dukungan aplikasi dan perangkat eksternal yang lebih luas .

Google juga diketahui sedang mengembangkan VR Daydream agar kompatibel dengan YouTube, Google Street View, dan Google Photos. Dalam pengembangannya , VR Daydream juga dibantu oleh Netflix, Ubisoft, dan Electronic Arts .

Tema Pada Keyboard

Pada Android N , pengguna akan diberi keleluasaan dalam merubah tampilan keyboardnya . Kita bisa merubah warna , menghilangkan border pada setiap tombol , bahkan menggunakan gambar sebagai background keyboard .

Keyboard Android N | The Verge
Keyboard Android N | The Verge

Peningkatan Performa Android N

Setiap update baru pada Versi Android , google selalu meningkatkan performa dari sistem operasinya . Dan pada Android N google pun menyatakan bahwa sistem operasi ini akan terasa lebih gesit dan responsif karena Android N menggunakan graphics API bernama Vulkan . Vulkan juga sudah digunakan para developer dalam meningkatkan kualitas grafis pada PC gaming .

Android N juga menggunakan JIT compiler versi terbaru , yang memperbesar daya tahan baterai , memperkecil ukuran aplikasi hingga 50% dan mempercepat proses instalasi hingga 75 % .

Emoji Baru

Jika emoji pada android versi lama memiliki bentuk yang bulat , pada Android N kita akan menemukan emoji baru berbentuk seperi agar-agar / jelly atau lebih sering disebut sebagai blob . Emoji ini terlihat lebih simple dan seragam .

Selain itu google juga sedang mengembangkan emoji dengan menggunakan Unicode Consortium , guna mempresentasikan gender wanita dalam bentuk yang lebih universal lagi .

Emoji Baru Android N
Emoji Baru Android N | The Verge

Bagaimana ? Keren bukan fitur-fitur yang dimiliki Android N ? Jika kalian ingin smartphone kalian menggunakan Android N , maka pastikan smartphone kalian support Android N , untuk mengetahui apakah smartphone kalian support atau tidak , silahkan kunjungi artikel berikut :

Daftar Smartphone Yang Support Android N

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here