Harga Oculus Rift Dan Spesifikasi

Posted on

Harga Oculus Rift itu Berapa ? Spesifikasi Minimal Komputer untuk bisa memainkan Virtual Reality menggunakan Oculus Rift itu seperti apa ? Nah , Jika pertanyaan-pertanyaan tadi adalah pertanyaan yang kalian tanyakan selama ini , maka artikel berikut ini akan secara lengkap membahas Harga Oculus Rift dan Spesifikasi nya .

Oculus Rift adalah high-level virtual reality headset yang mampu memberikan pengalaman Virtual Reality dengan sangat baik dan mengagumkan dibandingkan Virtual Reality yang dimainkan menggunakan smartphone .

Baca Juga : Jenis-Jenis Virtual Reality Headset

Sejak awal peluncurannya , Oculus Rift ini memiliki tipe-tipe yang berbeda dalam segi kualitasnya . Tahun 2012 Oculus Rift Development Kit 1(DK1) mulai dirilis . Pada tahun 2015 Oculus Rift Development Kit 2(DK2) dirilis . Dan sekarang Oculus Rift sudah menjual versi Consumer nya atau biasa disebut CV .

Lalu berapa harga Oculus Rift di Indonesia? berikut ini ulasannya .

Harga Oculus Rift

Harga Oculus Rift Consumer Version
Oculus Rift Consumer Version

Harga Oculus Rift Consumer Version (CV) tahun 2016 ini adalah $599 atau sekitar Rp . 7,800,000 . Harga tersebut merupakan harga resmi dari website oculus.com , jadi di Indonesia harga Oculus Rift bisa lebih mahal karena ada biaya cukai , pengiriman dan lain-lain .

Oculus Rift juga dilengkapi dengan controller bernama Oculus Touch yang dijual seharga $199 atau sekitar Rp . 2,600,000 . Tersedia juga paket Bundling Oculus Rift + Touch yang dijual seharga $798 atau sekitar Rp . 10,360,000 .

Sebelum Oculus Rift dirilis untuk umum , sebelumnya Oculus juga pernah menjual Oculus Rift versi pengembang :

Oculus Rift DK1
Oculus Rift DK1

Oculus Rift Development Kit 1 adalah Virtual Reality Headset pertama Oculus yang dirilis pada tahun 2012. Oculus Rift DK1 ini bukan produk konsumer melainkan untuk para pengembang yang ingin mengenal Oculus Rift lebih dalam .

Oculus Rift DK2
Oculus Rift DK2

Oculus Rift Development Kit 2 ini diluncurkan pada tahun 2014 . Pada perangkat DK2 ini ada beberapa upgrade yang diterapkan antara lain : resolution tinggi (960×1080 per eye) low-persistence OLED display, refresh rate lebih tinggi , positional tracking dan kabel yang bisa dicabut dan .

Spesifikasi Komputer Untuk Oculus Rift

Oculus Rift ini membutuhkan komputer sebagai processing sourcenya , jadi headset VR ini bukan stand-alone (bisa langsung dimainkan tanpa perangkat tambahan) . Dan spesifikasi minimal komputer agar bisa bermain menggunakan Oculus Rift ini adalah sebagai berikut :

  • Video Card : NVIDIA GTX 970 / AMD R9 290
  • CPU / Processor : Intel i5-4590
  • RAM / Memory : 8GB
  • Video Output : Compatible HDMI 1.3
  • USB Ports : 3x USB 3.0 ports plus 1x USB 2.0 port
  • OS / Sistem Operasi : Windows 7 SP1 64 bit

Spesifikasi diatas terbilang cukup tinggi dan tentu harga sebuah komputer yang support Oculus Rift tidaklah murah .

Sebagai pelengkap , berikut ini ada video yang membahas Oculus Rift :

Oculus Rift Review

Bagaimana ? apakah semua informasi yang kalian butuhkan terkait Oculus Rift sudah kalian temukan pada artikel ini ? Meskipun Harga Oculus Rift cukup mahal , namun banyak orang yang menyatakan suka dengan perangkat VR yang satu ini . Jadi Harga Oculus Rift yang mencapai 7 Jutaan itu sangat setimpal dengan pengalaman yang diberikan jika dibandingkan dengan bermain Virtual Reality melalui smartphone .


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *